Abstract:
Muhammad Alik Shodiqi, NIM 12015087. “Analisis Strategi
Pemasaran Dengan Konsep 7P Warung Kopi Modern (Studi Kasus Pada
Weng Coffee Siantan Pontianak)”. Skripsi mahasiswa Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah angkatan 2020, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran
berbasis bauran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan
Physical Evidence) yang diterapkan oleh Weng Coffee sebagai salah satu
warung kopi modern di Kota Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh
semakin ketatnya persaingan usaha kuliner, khususnya di sektor warung kopi,
sehingga diperlukan strategi pemasaran yang efektif dan adaptif terhadap
perubahan tren konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
fenomenologis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara
mendalam dengan pemilik, karyawan, dan konsumen dari warung kopi
modern Weng Coffee, serta dilengkapi dengan observasi langsung dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Weng Coffee berhasil
menerapkan seluruh elemen bauran pemasaran 7P secara lengkap. Inovasi
produk yang mengikuti selera konsumen sebagai bentuk feedback pelanggan,
strategi penetapan harga berbasis nilai yang juga terjangkau, lokasi yang
strategis yang mudah di kunjungi, promosi digital yang aktif seperti
Instagram dan Tiktok, pelayanan karyawan yang di terakpan secara
professional, proses pelayanan berbasis teknologi seperti pembayaran digital,
serta bukti fisik yang estetik dan konsisten menjadi faktor kunci dalam
membentuk citra merek dan meningkatkan loyalitas pelanggan.