Abstract:
Fina Restiana (11821051), Pengaruh Keadilan Harga dan Citra Merek dalam Etika Islam terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Pontianak, Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2025
Secara teoritis, keadilan harga dan citra merek dalam Islam berpengaruh terhadap keputusan pembelian ssmsartphone Samsung. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab hipotesis dari tero tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adn membuktikan pengaruh keadilan harga dan citra merek dalam etika Islam terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Kota Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 55 responden pengguna smartphone Samsung di Kota Pontianak yang diseleksi secara purposive yaitu menyebarkan kuesioner melalui bantuan sosial media seperti Instagram, WhatssApp dan Facebook. Pemilihan populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat muslim yang berdomisili di Kota Pontianak yang sedang atau pernah menggunakan smartphone Samsung yang jumlahnya dari populasi tersebut tidak diketahui atau bersifat tidak terbatas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji pengaruh simultan dan parsial antara keadilan harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian.
Hasil dalam penelitian ini adalah nilai f-hitung sebesar 17,378 dengan probabilitas 0,000. Nilai t-hitung untuk variabel keadilan harga yaitu 1,149 dengan signifikansi sebesar 0,256 dan t-hitung untuk citra merek dalam etika Islam yaitu 4,130 dengan signifikansi 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadilan harga dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, citra merek memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan keadilan harga. Temuan ini mengindikasikan bahwa dalam perspektif etika Islam, persepsi terhadap nilai-nilai moral dan reputasi perusahaan (merek) menjadi pertimbangan penting bagi konsumen Muslim dalam menentukan keputusan pembelian.