PENGARUH KEADILAN HARGA DAN CITRA MEREK DALAM ETIKA ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Kurniati, Pratiwi
dc.contributor.advisor Syahbudi, Syahbudi
dc.contributor.advisor Bilhaq, M. Agus Muhtadi
dc.contributor.author Restiana, Fina
dc.date.accessioned 2025-08-08T04:17:45Z
dc.date.available 2025-08-08T04:17:45Z
dc.date.issued 2025-07-21
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7335
dc.description.abstract Fina Restiana (11821051), Pengaruh Keadilan Harga dan Citra Merek dalam Etika Islam terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Pontianak, Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2025 Secara teoritis, keadilan harga dan citra merek dalam Islam berpengaruh terhadap keputusan pembelian ssmsartphone Samsung. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab hipotesis dari tero tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adn membuktikan pengaruh keadilan harga dan citra merek dalam etika Islam terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 55 responden pengguna smartphone Samsung di Kota Pontianak yang diseleksi secara purposive yaitu menyebarkan kuesioner melalui bantuan sosial media seperti Instagram, WhatssApp dan Facebook. Pemilihan populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat muslim yang berdomisili di Kota Pontianak yang sedang atau pernah menggunakan smartphone Samsung yang jumlahnya dari populasi tersebut tidak diketahui atau bersifat tidak terbatas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji pengaruh simultan dan parsial antara keadilan harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Hasil dalam penelitian ini adalah nilai f-hitung sebesar 17,378 dengan probabilitas 0,000. Nilai t-hitung untuk variabel keadilan harga yaitu 1,149 dengan signifikansi sebesar 0,256 dan t-hitung untuk citra merek dalam etika Islam yaitu 4,130 dengan signifikansi 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadilan harga dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, citra merek memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan keadilan harga. Temuan ini mengindikasikan bahwa dalam perspektif etika Islam, persepsi terhadap nilai-nilai moral dan reputasi perusahaan (merek) menjadi pertimbangan penting bagi konsumen Muslim dalam menentukan keputusan pembelian. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject keadilan harga en_US
dc.subject citra merek en_US
dc.subject etika islam en_US
dc.subject keputusan pembelian en_US
dc.subject smartphone samsung en_US
dc.title PENGARUH KEADILAN HARGA DAN CITRA MEREK DALAM ETIKA ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account