PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA STICK AND LINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATERI KONSEP PERKALIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD N 21 PONTIANAK BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author Wahyuni, Fitri
dc.date.accessioned 2025-08-08T04:11:42Z
dc.date.available 2025-08-08T04:11:42Z
dc.date.issued 2025-07-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7334
dc.description.abstract FITRI WAHYUNI, Penerapan Penggunaan Media Stick And Line Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Peserta Didik Materi Konsep Perkalian Pada Peserta Didik Kelas III Di SDN 21 Pontianak Barat : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik materi. Adapaun tujuan dalam penelitan ini yaitu: (1) mengetahui kemampuan peserta didik dalam memahami materi konsep perkalian sebelum diterapkan media stick and line pada kelas III di SDN 21 Pontianak Barat; (2) mengetahui langkah-langkah penerapan penggunaan media stick and line untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami konsep peserta didik pada kelas III SDN 21 Pontianak Barat tahun; (3) mengetahui kemampuan peserta didik dalam memahami materi konsep perkalian setelah diterapkan media stick and line pada kelas III SDN 21 Pontianak Barat dan (4) mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam memahami konsep perkalian sebelum dan sesudah diterapkan media stick and line pada kelas III SDN 21 Pontianak Barat tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimental One Group Pretest-Posttest Design. Dengan Populasi peserta didik kelas III sebanyak 31 peseta didik yang terdiri dari 17 laki-laki dan 14 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tertulis (pretest dan posttest), serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rumus Uji N-Gain. Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpukan bahwa dengan penggunaan media stick and line pada materi perkalian terdapat peningkatan yang singnifikan terhadap pemahaman materi konsep peserta didik dapat dilihat pada hasil rata-rata nilai pretest 36,77 dan postest 81,13. Dan berdasarkan hasil analisis uji N-gain yaitu 0,71 tergolong dalam kategori tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pemahaman Konsep Perkalian en_US
dc.subject Media Stick and Line en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika en_US
dc.title PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA STICK AND LINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATERI KONSEP PERKALIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD N 21 PONTIANAK BARAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account