Abstract:
FATMA SARI (2020) “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap
Peningkatan Produk Tabungan Haji Pada BSI KCP Pontianak A Yani 1”.
Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan seberapa pengaruh
strategi pemasaran terhadap peningkatan produk tabungan haji pada BSI KCP
Pontianak A Yani 1. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
produk, harga, tempat, dan promosi terhadap peningkatan produk tabungan
haji pada BSI KCP Pontianak A Yani 1.
Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif.
Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan jenis pendekatan eksplanasi
(Explanatory Research). Lokasi penelitian ini di BSI KCP Pontianak A Yani
1. Waktu yang digunakan dalam penulisan skripsi ini dari Oktober 2023
Januari 2024. Sampel yang digunakan dalam penulisan skripsi ini sebanyak
78 nasabah dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berupa
angket yang di bagikan melalui media Google From dengan menggunakan
metode skala likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi
linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk berpengaruh positif
dan signifikan terhadap peningkatan nasabah produk tabungan haji, harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan nasabah produk
tabungan haji, tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap
peningkatan nasabah produk tabungan haji, promosi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap peningkatan nasabah produk tabungan haji, kemudian
produk, harga, tempat, dan promosi secara bersama-sama atau simultan
berpengaruh terhadap peningkatan nasabah produk tabungan haji.