Abstract:
WIWID ADELIA.11907110. Persepsi Masyarakat Non-Muslim Terhadap
Perbankan Syariah (Studi Kasus Kec. Singkawang Barat). Skripsi. Program Studi
Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (IAIN) Pontianak.
Perbankan Syariah muncul pertama kali di Indonesia yaitu PT Bank Muamalat
Indonesia (BMI). Bank Muamalat Indonesia didirikan pada tahun 1991 yang
dimana Bank Muamalat Indonesia menggunakan prinsip Syariah. Bank Muamalat
Indonesia menerapan prinsip bagi hasil pada operasional usahanya. Bank Muamalat
Indonesia mulai beroperasi di tahun 1992. Penting bagi Perbankan Syariah untuk
mengetahui bagaimana persepsi masyarakt non-muslim tentang Perbankan Syariah
itu sendiri dan bagaimana pelayanan Perbankan Syariah terhadap masyarakat non
muslim, meskipun di Indonesia pangsa pasar masyarakat muslim begitu banyak,
akan tetapi Bank Syariah bersifat universal di semua kalangan, sehingga perlu di
lakukan ekspansi ke masyarakat non-muslim untk menjaga kelangsungan dan
eksistensi dari Bank Syariah.
Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama untuk mengetahui bagaimana persepsi
masyarakat masyarakat non-muslim terhadap Perbankan Syariah di Kec.
Singkawang Barat yang kedua yaitu untuk mengetahui bagaimana pelayanan
Perbankan Syariah terhadap masyarakat non-muslim. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu
dengan cara observasi, wawancara dan dokumntasi. Teknik analisis data yaitu
dengan analisis kualitatif deskriptif yang melalui beberapa tahapan yaitu Reduksi
Data, Data Display. Teknik Pemerikasaan Keabsahah Data yang digunakan peneliti
yaitu Trigulasi dan Member check.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka ditarik kesimpulan
bahwa persepsi masyarakat non-muslim terhadap Perbankan Syariah yang menjadi
nasabah di BSI KCP Singkawang Merdeka di Kec. Singkawang Barat memiliki
pengetahuan yang baik tentang Perbankan Syariah, sikap masyarakat non-muslim
juga tidak merasa terganggu dengan keberadaan Bank Syariah di Kec, Singkawang
Barat. Masyarakt non-muslim juga menyatakan pelayanan yang diberikan pihak
Bank Syariah sangat baik dari produk maupun pelayanan. Pelayanan yang
diterapkan BSI KCP Singkawang Merdeka dimata nasabah telah susuai dengan 6
dimensi kualitas pelayanan, 6 dimensi kualitas pelayanan yaitu compliance,
assurance, reliability, tangible, emphaty dan responsiveness.