Persepsi Masyarakat Non-Muslim Terhadap Perbankan Syariah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Bahtiar, Eko
dc.contributor.advisor Hanis, Rianda
dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.advisor Miskari, Miskari
dc.contributor.author Adelia, Wiwid
dc.date.accessioned 2025-08-07T04:01:42Z
dc.date.available 2025-08-07T04:01:42Z
dc.date.issued 2024-04-24
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7318
dc.description.abstract WIWID ADELIA.11907110. Persepsi Masyarakat Non-Muslim Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Kec. Singkawang Barat). Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (IAIN) Pontianak. Perbankan Syariah muncul pertama kali di Indonesia yaitu PT Bank Muamalat Indonesia (BMI). Bank Muamalat Indonesia didirikan pada tahun 1991 yang dimana Bank Muamalat Indonesia menggunakan prinsip Syariah. Bank Muamalat Indonesia menerapan prinsip bagi hasil pada operasional usahanya. Bank Muamalat Indonesia mulai beroperasi di tahun 1992. Penting bagi Perbankan Syariah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakt non-muslim tentang Perbankan Syariah itu sendiri dan bagaimana pelayanan Perbankan Syariah terhadap masyarakat non muslim, meskipun di Indonesia pangsa pasar masyarakat muslim begitu banyak, akan tetapi Bank Syariah bersifat universal di semua kalangan, sehingga perlu di lakukan ekspansi ke masyarakat non-muslim untk menjaga kelangsungan dan eksistensi dari Bank Syariah. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat masyarakat non-muslim terhadap Perbankan Syariah di Kec. Singkawang Barat yang kedua yaitu untuk mengetahui bagaimana pelayanan Perbankan Syariah terhadap masyarakat non-muslim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumntasi. Teknik analisis data yaitu dengan analisis kualitatif deskriptif yang melalui beberapa tahapan yaitu Reduksi Data, Data Display. Teknik Pemerikasaan Keabsahah Data yang digunakan peneliti yaitu Trigulasi dan Member check. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka ditarik kesimpulan bahwa persepsi masyarakat non-muslim terhadap Perbankan Syariah yang menjadi nasabah di BSI KCP Singkawang Merdeka di Kec. Singkawang Barat memiliki pengetahuan yang baik tentang Perbankan Syariah, sikap masyarakat non-muslim juga tidak merasa terganggu dengan keberadaan Bank Syariah di Kec, Singkawang Barat. Masyarakt non-muslim juga menyatakan pelayanan yang diberikan pihak Bank Syariah sangat baik dari produk maupun pelayanan. Pelayanan yang diterapkan BSI KCP Singkawang Merdeka dimata nasabah telah susuai dengan 6 dimensi kualitas pelayanan, 6 dimensi kualitas pelayanan yaitu compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty dan responsiveness. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Persepsi en_US
dc.subject Non Muslim en_US
dc.subject Bank Syariah en_US
dc.title Persepsi Masyarakat Non-Muslim Terhadap Perbankan Syariah en_US
dc.title.alternative Studi Kasus Kec. Singkawang Barat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account