Abstract:
HOIRORROHMAH 11811172. Pembelajaran ilmu tajwid melalui
Program Pendidikan Tilawatil Qur’an (PTQ) di pondok pesantren
Darussholah dua Kecamatan Pontianak Utara tahun 2024-2025. Program
Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
(FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1)
Perencanaan melaksanakan pembelajaran ilmu tajwid di pondok pesantren
Darussholah dua Pontianak Utara. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran ilmu
tajwid di pondok pesantren Darussholah dua Pontianak Utara. 3) Evaluasi
pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid di pondok pesantren Darussholah dua
Pontianak Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data
primer dan dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini berupa Teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik
pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member
check.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil
sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran ilmu tajwid meliputi
penyusuna Silabus, Jadwal pelajaran, kemampuan asatidzah dalam
mengajarkan ilmu tajwid, dengan mempertimbangkan Tujuan pembelajaran,
Sumber, materi dan media pembelajaran. 2) Proses pelaksanaan
pembelajaran ilmu tajwid dilaksanakan satu kali seminggu pada malam senin
(bakda maghrib) dengan strategi pembelajaran langsung (direct instruction),
dengan metode ceramah, metode praktek dan metode hafalan. Langkah-
langkah pembelajaran meliputi: Tahapan awal, tahapan inti dan tahapan
penutup. 3) Evaluasi pembelajaran ilmu tajwid berupa evaluasi proses dan
evaluasi hasil pembelajaran menggunakan tes lisan dan tes tulis, dilakukan
pada setiap pertemuan, selesai perbab materi dan setiap akhir semester.