PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DI PONDOK PESANTREN DARUSSHOLAH DUA KECAMATAN PONTIANAK UTARA TAHUN 2024-2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Mubarok, Husni
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.author HOIRORROHMAH, HOIRORROHMAH
dc.date.accessioned 2025-08-06T08:16:48Z
dc.date.available 2025-08-06T08:16:48Z
dc.date.issued 2025-07-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7312
dc.description.abstract HOIRORROHMAH 11811172. Pembelajaran ilmu tajwid melalui Program Pendidikan Tilawatil Qur’an (PTQ) di pondok pesantren Darussholah dua Kecamatan Pontianak Utara tahun 2024-2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perencanaan melaksanakan pembelajaran ilmu tajwid di pondok pesantren Darussholah dua Pontianak Utara. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid di pondok pesantren Darussholah dua Pontianak Utara. 3) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid di pondok pesantren Darussholah dua Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran ilmu tajwid meliputi penyusuna Silabus, Jadwal pelajaran, kemampuan asatidzah dalam mengajarkan ilmu tajwid, dengan mempertimbangkan Tujuan pembelajaran, Sumber, materi dan media pembelajaran. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid dilaksanakan satu kali seminggu pada malam senin (bakda maghrib) dengan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), dengan metode ceramah, metode praktek dan metode hafalan. Langkah- langkah pembelajaran meliputi: Tahapan awal, tahapan inti dan tahapan penutup. 3) Evaluasi pembelajaran ilmu tajwid berupa evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran menggunakan tes lisan dan tes tulis, dilakukan pada setiap pertemuan, selesai perbab materi dan setiap akhir semester. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pelaksanaan pembelajaran en_US
dc.subject Pembelajaran Ilmu Tajwid en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DI PONDOK PESANTREN DARUSSHOLAH DUA KECAMATAN PONTIANAK UTARA TAHUN 2024-2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account