dc.description.abstract |
YUSRIANI RAHMANI PUTRI. Penggunaan Media Kartu Kata
Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Peserta Didik Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan Pontianak Utara
Tahun Ajaran 2024/2025. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam
Negeri Pontianak Tahun 2025.
Tujuan dari penelitian yaitu untuk memaparkan: 1) Kemampuan
membaca permulaan peserta didik sebelum menggunakan media kartu kata
bergambar; 2) Langkah-langkah penggunaan media kartu kata bergambar
untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan; 3) Kemampuan
membaca permulaan peserta didik sesudah menggunakan kartu kata
bergambar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan
2 siklus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan
Pontianak Utara tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 23 peserta didik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1. Kemampuan membaca
permulaan seblum menggunakan media kartu kata bergambar peserta didik
hanya fokus mengerjakan soal-soal yang terdapat di buku, 2. Langkah-
langkah penggunaan media kartu kata bergambar dengan cara
menyampaikan tujuan , memberikan materi, melakukan bimbingan,
mengecek pemahaman pserta didik setelah menggunakan media kartu kata
bergambar. 3. Kemampuan membaca peserta didik setelah menggunakan
media kartu kata bergambar terdapat peningkatan Hal ini dapat dilihat dari
peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pra tindakan kemampuan membaca
permulaan peserta didik diketahui rata-rata nilai adalah 64,47 dengan
persentase 35% (8 peserta didik) yang dikategorikan tuntas. Pada siklus I
data kemampuan membaca permulaan peserta didik dengan rata-rata 74,17
dengan persentase 70% (16 peserta didik) yang dikategorikan tunas.
Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 82,78
dengan persentase 96% (22 peserta didik) yang dikategorikan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media kartu kata
bergambar efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan
peserta didik. |
en_US |