Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIS Al Ikhlas Singkawang Tahun Pelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Risantya, Shara
dc.date.accessioned 2021-03-19T08:09:22Z
dc.date.available 2021-03-19T08:09:22Z
dc.date.issued 2019-01-21
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/72
dc.description.abstract “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIS Al Ikhlas Singkawang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Pontianak: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtdaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan guru masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada Mata Pelajaran IPS ini antara lain untuk mengetahui: 1) Hasil belajar pembelajaran IPS sebelum menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share pada peserta didik kelas IV MIS Al Ikhlas Singkawang, 2) Hasil belajar pembelajaran IPS sesudah menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share pada peserta didik kelas IV MIS Al Ikhlas Singkawang, 3) peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share dengan sesudah menggunakan strategi Think Pair Share pada peserta didik kelas IV di MIS Al Ikhlas Singkawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV A MIS Al Ikhlas Singkawang dengan jumlah 22 peserta didik. Penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa daftar Cheklist dan untuk mengetahui kualitas hasil belajar peserta didik digunakan lembar evaluasi/tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar pembelajaran IPS sebelum menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share pada peserta didik kelas IV MIS Al Ikhlas Singkawang memperoleh rata-rata 51.36, 2) Hasil belajar pembelajaran IPS sesudah menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share pada peserta didik kelas IV MIS Al Ikhlas Singkawang memperoleh nilai rata-rata 67.73 pada siklus I sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 80.45, 3) peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share dengan sesudah menggunakan strategi Think Pair Share pada peserta didik kelas IV di MIS Al Ikhlas Singkawang memiliki peningkatan sebesar 72.73%. Kata Kunci: Strategi Think Pair Share dan Hasil Belajar. en_US
dc.language.iso Indonesia id
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject METODE PENGAJARAN DAN BELAJAR en_US
dc.title Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIS Al Ikhlas Singkawang Tahun Pelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account