dc.description.abstract |
NELI MAISEL AGATA, “Penguatan Profil Pelajar Pancasila Mrnggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) Tipe Simulasi Pada Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2024/2025”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta lapangan yang ditemukan peneliti yaitu model Value Clarification Technique (VCT) tipe simulasi sudah digunakan disekolah SD 03 Pontianak Timur terutama pada kelas IV A. Maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penguatan perencanaan profil pelajar Pancasila menggunakan model (VCT) tipe simulasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Konstitusi Dan Norma Di Masyarakat kelas IV A Tahun Ajaran 2024/2025. 2) mendeskripsikan pelaksanaan penguatan profil pelajar Pancasila model (VCT) tipe simulasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Konstitusi Dan Norma Di Masyarakat kelas IV A Tahun Ajaran 2024/202. 3) mendeskripsikan evaluasi penguatan profil Pelajar Pancasila menggunakan model (VCT) tipe simulasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Konstitusi Dan Norma Di Masyarakat kelas IV A Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV A dan peserta didik kelas IV A SD 03 Pontianak Timur yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Timur sesuai dengan perencanaan pada model Value Clarification Technique (VCT) tipe Simulasi yaitu terdapat modul ajar, penguatan profil pelajar pancasila dan terdapat perencanaan LKPD. 2) Pelaksanaan dengan menerapkan model Value Clarification Technique (VCT) tipe Simulasli, guru di kelas IV A SD Negeri 03 Pontianak Timur telah berhasil melaksanakan proses pembelajaran yang tidak hanya fokus pada materi Pancasila, tetapi juga membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 3) Evaluasi yang dilakukan sudah sesuai dengan model Value Clarification Technique (VCT) tipe simulasi, evaluasi tersebut juga terdapat aspek berupa penilaian afektif dan proses penilaian ini bentuk dari klarifikasi nilai prilaku yang sudah tertanam pada peserta didik. Dampak positif penelitian ini yaitu dengan menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe Simulasi maka penguatan profil pelajar pancasila khususnya pada aspek gotong-royong dikelas IV A menjadi lebih baik. |
en_US |