dc.description.abstract |
Ainur Rahmah Nim. 11813160. Penerapan Metode Bercerita
Menggunakan Media Hand Puppet Untuk Efektivitas Menyimak Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Di SDI Hidayatul Muhsinin Kubu Raya. Fakultas Tarbiyah
Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Efektivitas peserta
didik dalam menyimak mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum diterapkannya
metode bercerita menggunakan media Hand Puppet (boneka tangan). 2) Langkah -langkah penerapan metode bercerita menggunakan media Hand Puppet (boneka
tangan) untuk efektivitas peserta didik dalam menyimak Mata pelajaran Bahasa
Indonesia kelas II di SDI Hidayatul Muhsinin Kubu Raya. 3) Efektivitas peserta
didik dalam menyimak mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkannya
metode bercerita menggunakan media Hand Puppet (boneka tangan) di SDI
Hidayatul Muhsinin Kubu Raya. 4) Apakah terdapat peningkatan efektivitas
peserta didik dalam menyimak sebelum dan sesudah di terapkan metode bercerita
menggunakan media Hand Puppet (boneka tangan) Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Kelas II di SDI Hidayatul Muhsinin tahun ajaran 2022\2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan data
sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni
observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi.
Hasil penelitian yakni 1) Efektivitas menyimak peserta didik SDI
Hidayatul Muhisnin Kubu Raya pada pra siklus memperoleh rata-rata 55,3 dengan
kategori cukup, 2) Langkah-langkah yang diterapkan pada siklus 1 dan 2 meliputi
kegiatan awal, inti dan akhir dengan durasi waktu 2x35 menit, 3) setelah
diterapkan metode bercerita menggunakan media Hand Puppet (boneka tangan)
dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, pada siklus I efektivitas menyimak
peserta didik memperoleh rata-rata 70,11 dengan kategori baik, 4) Terdapat
peningkatan Pada siklus II efektivitas menyimak peserta didik dengan
memperoleh rata-rata 85,19 dengan kategori baik sekali. |
en_US |