dc.description.abstract |
RAHMIATILLAILA, Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik
Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Media Audio Visual Pada Mata
Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar Negeri 13 Terentang Tahun Pelajaran 2024-
2025. Program studi pendidikan guru madrasah ibtidiyyah, Fakultas tarbiyah
ilmu keguruan Institut Agam islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Berdasaran latar belakang masalah yang telah diuraikan sebelumnya,
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan: 1) Hasil belajar IPS sebelum
menggunakan media pembelajaran audio visual kelas V SDN Negeri 13
Terentang tahun pelajaran 2024-2025; 2) langkah-langkah penerapan
pembelajaran materi IPS dengan menggunakan media pembelajaran audio
visual kelas V SDN Negeri 13 Terentang tahun pelajaran 2024-2025; 3) Hasil
belajar setelah menggunakan media pembelajaran audio visual kelas V SDN
Negeri 13 Terentang Tahun Pelajaran 2024/2025; 4) Meningkatkan materi
IPS antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio
visual kelas V SDN Negeri 13 Terentang tahun pelajaran 2024-2025.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), data
dalam penelitian ini peserta didik dan guru . Analisis data dalam penelitian
ini secara kuantitafif dengan menggunakan rumus mean dan persentase.
Berdasarkan hasil penelitin diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1)
Berdasarkan data yang telah diperoleh nilai rata-rata hasil sebelum
menggunakan media pembelajaran audio visual peserta didik yaitu 42,5 .
Sedangkan persentasi peserta didik tuntas yakni 2,5% 2) Langkah-Langkah
siklus I dimulai dari guru membagikan kelompok, pada tahap-tahap
berikutnya peserta didik di berikan penguatan dalam pembelajaran. Apa yang
disebut lingkungan alam dan buatan serta contoh dan manfaatnya yakni
dengan menggunakan media pembelajaran audio visual, pada tahap ini
peserta didik di bagi menjadi 4 kelompok untuk berdiskusi, kemudian guru
memfasilitasi media vidio pembelajaran audio visual dalam pembelajaran,
kemudian peserta didik dipersilahkan untuk menjelaskan yang mereka
ketahui tentang materi IPS melalui kecerdasan berfikir/intelectual. 3) Hasil
belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata 61,875 . dengan persentase peserta
didik yang mencapai ketuntasan sebesar 62,5%. sedangkan pada siklus II
terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata
62,5 dengan persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan sebesar 62,5
%. 4) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan dan sesudah
menggunakan media pembelajaran audio visual pada peserta didik kelas V
SDN 13 Terentang memiliki peningkatan sebesar 25% |
en_US |