PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR 13 TERENTANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Muthmainnah, Fitri
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author RAHMIATILLAILA, RAHMIATILLAILA
dc.date.accessioned 2025-08-05T08:13:27Z
dc.date.available 2025-08-05T08:13:27Z
dc.date.issued 2025-06-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7241
dc.description.abstract RAHMIATILLAILA, Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar Negeri 13 Terentang Tahun Pelajaran 2024- 2025. Program studi pendidikan guru madrasah ibtidiyyah, Fakultas tarbiyah ilmu keguruan Institut Agam islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Berdasaran latar belakang masalah yang telah diuraikan sebelumnya, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan: 1) Hasil belajar IPS sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual kelas V SDN Negeri 13 Terentang tahun pelajaran 2024-2025; 2) langkah-langkah penerapan pembelajaran materi IPS dengan menggunakan media pembelajaran audio visual kelas V SDN Negeri 13 Terentang tahun pelajaran 2024-2025; 3) Hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran audio visual kelas V SDN Negeri 13 Terentang Tahun Pelajaran 2024/2025; 4) Meningkatkan materi IPS antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual kelas V SDN Negeri 13 Terentang tahun pelajaran 2024-2025. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), data dalam penelitian ini peserta didik dan guru . Analisis data dalam penelitian ini secara kuantitafif dengan menggunakan rumus mean dan persentase. Berdasarkan hasil penelitin diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Berdasarkan data yang telah diperoleh nilai rata-rata hasil sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual peserta didik yaitu 42,5 . Sedangkan persentasi peserta didik tuntas yakni 2,5% 2) Langkah-Langkah siklus I dimulai dari guru membagikan kelompok, pada tahap-tahap berikutnya peserta didik di berikan penguatan dalam pembelajaran. Apa yang disebut lingkungan alam dan buatan serta contoh dan manfaatnya yakni dengan menggunakan media pembelajaran audio visual, pada tahap ini peserta didik di bagi menjadi 4 kelompok untuk berdiskusi, kemudian guru memfasilitasi media vidio pembelajaran audio visual dalam pembelajaran, kemudian peserta didik dipersilahkan untuk menjelaskan yang mereka ketahui tentang materi IPS melalui kecerdasan berfikir/intelectual. 3) Hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata 61,875 . dengan persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan sebesar 62,5%. sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 62,5 dengan persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan sebesar 62,5 %. 4) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual pada peserta didik kelas V SDN 13 Terentang memiliki peningkatan sebesar 25% en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.subject Media Audio Visual en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR 13 TERENTANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account