Abstract:
FADHILATUL ISTIQOMAH, Pe.rse.psi Guru Te.rhadap Sumbe.r Be.lajar dan Me.dia Pe.mbe.lajaran Pada Siswa Digital Native. di MTsN 2 Sanggau; Program Studi Pe.ndidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Ke.guruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam penggunaan sumber belajar dan media pembelajaran. Guru dituntut mampu menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik siswa generasi Digital Native yang akrab dengan teknologi sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) sumber belajar dan media pembelajaran yang digunakan di MTsN 2 Sanggau, (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi digital, dan (3) persepsi guru terhadap media digital bagi siswa Digital Native.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru-guru di MTsN 2 Sanggau. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MTsN 2 Sanggau telah menggunakan berbagai media dan sumber belajar digital seperti PowerPoint, video pembelajaran, kuis interaktif, E-Learning Kemenag, dan kanal YouTube sekolah. Pembelajaran berbasis teknologi digital dilaksanakan secara bertahap dan mulai terintegrasi dalam proses mengajar. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan fasilitas, akses internet, dan kompetensi guru dalam teknologi. Secara umum, guru memiliki persepsi positif terhadap media digital karena dinilai mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa, meskipun tetap diperlukan pelatihan lanjutan untuk optimalisasi penggunaannya.