PERSEPSI GURU TERHADAP SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA DIGITAL NATIVE DI MTSN 2 SANGGAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author Istiqomah, Fadhilatul
dc.date.accessioned 2025-08-05T06:58:29Z
dc.date.available 2025-08-05T06:58:29Z
dc.date.issued 2025-07-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7232
dc.description.abstract FADHILATUL ISTIQOMAH, Pe.rse.psi Guru Te.rhadap Sumbe.r Be.lajar dan Me.dia Pe.mbe.lajaran Pada Siswa Digital Native. di MTsN 2 Sanggau; Program Studi Pe.ndidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Ke.guruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam penggunaan sumber belajar dan media pembelajaran. Guru dituntut mampu menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik siswa generasi Digital Native yang akrab dengan teknologi sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) sumber belajar dan media pembelajaran yang digunakan di MTsN 2 Sanggau, (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi digital, dan (3) persepsi guru terhadap media digital bagi siswa Digital Native. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru-guru di MTsN 2 Sanggau. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MTsN 2 Sanggau telah menggunakan berbagai media dan sumber belajar digital seperti PowerPoint, video pembelajaran, kuis interaktif, E-Learning Kemenag, dan kanal YouTube sekolah. Pembelajaran berbasis teknologi digital dilaksanakan secara bertahap dan mulai terintegrasi dalam proses mengajar. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan fasilitas, akses internet, dan kompetensi guru dalam teknologi. Secara umum, guru memiliki persepsi positif terhadap media digital karena dinilai mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa, meskipun tetap diperlukan pelatihan lanjutan untuk optimalisasi penggunaannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Persepsi Guru en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Digital Native. en_US
dc.subject Sumber belajar en_US
dc.title PERSEPSI GURU TERHADAP SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA DIGITAL NATIVE DI MTSN 2 SANGGAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account