Abstract:
MAYANG MARLINDA, Pengaruh Penggunaan Strategi Index
Card MatchTerhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al
Qur’an Hadist Di Mts Khulafaur Rasyidin Tahun Pelajaran 2022/2023.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan
Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun
2023.
Tujuan penelitian ini adalah:1) Untuk menganalisanilai rata-rata
hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan
strategi index card match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs
Khulafaur Rasyidin. 2) Nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan kelas
eksperimen sesudah menggunakan strategi index card match pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Khulafaur Rasyidin. 3) Perbedaan nilai
rata-rata hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Khulafaur Rasyidin.
Pendekatan ini termasuk pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian
yang digunakan adalah eksprimen. Populasi penelitian yaitu kelas VIII D
sebagai kelas eksperimen dengan 30 orang dan kelas VIII E sebagai kelas
kontrol dengan 30 orang. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling.
Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji
hipotesis.
Berdasarkan analisis data bab IV yang telah peneliti lakukan, maka
dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Nilai rata-rata hasil belajar
kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan strategi index
card match dari pre test yang telah dilakukan maka diketahui rata-rata hasil
pre test kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak jauh berbeda dimana rata
rata nilai pre test kelas kontrol 56,5 sedangkan rata-rata nilai kelas
eksperimen 66,4. 2) Nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan kelas
eksperimen sesudah kedua kelas tersebut diberikan perlakuan dimana kelas
eksperimen menggunakan startegi index card match dan kelas kontrol
menggunakan metode ceramah maka terlihat perbedaan yang signifikan
pada post test yang diberikan yakni kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai
66,5 sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 79,1. 3)
Terdapat pengaruh strategi index card match terhadap hasil belajar peserta
didik kelas kontrol dan kelas eksperimen MTs Khulafaur Rasyidin tahun
pelajaran 2022/2023. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis dengan
menggunakan uji T diperoleh nilai signifikasi pengaruh index card match
(X) terhadap hasil belajar (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan nilai Thitung 34,359 >
Ttabel 2,048.