Pengaruh Penggunaan Strategi Index Card MatchTerhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Di Mts Khulafaur Rasyidin Tahun Pelajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Marlinda, Mayang
dc.date.accessioned 2025-08-05T03:04:05Z
dc.date.available 2025-08-05T03:04:05Z
dc.date.issued 2023-10-27
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7223
dc.description.abstract MAYANG MARLINDA, Pengaruh Penggunaan Strategi Index Card MatchTerhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Di Mts Khulafaur Rasyidin Tahun Pelajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2023. Tujuan penelitian ini adalah:1) Untuk menganalisanilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan strategi index card match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Khulafaur Rasyidin. 2) Nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen sesudah menggunakan strategi index card match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Khulafaur Rasyidin. 3) Perbedaan nilai rata-rata hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Khulafaur Rasyidin. Pendekatan ini termasuk pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah eksprimen. Populasi penelitian yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan 30 orang dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan 30 orang. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data bab IV yang telah peneliti lakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan strategi index card match dari pre test yang telah dilakukan maka diketahui rata-rata hasil pre test kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak jauh berbeda dimana rata rata nilai pre test kelas kontrol 56,5 sedangkan rata-rata nilai kelas eksperimen 66,4. 2) Nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen sesudah kedua kelas tersebut diberikan perlakuan dimana kelas eksperimen menggunakan startegi index card match dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah maka terlihat perbedaan yang signifikan pada post test yang diberikan yakni kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai 66,5 sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 79,1. 3) Terdapat pengaruh strategi index card match terhadap hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen MTs Khulafaur Rasyidin tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji T diperoleh nilai signifikasi pengaruh index card match (X) terhadap hasil belajar (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan nilai Thitung 34,359 > Ttabel 2,048. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Index Card Match en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Al-Qur’an Hadist en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Strategi Index Card MatchTerhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Di Mts Khulafaur Rasyidin Tahun Pelajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account