Abstract:
NISHA PUTRIANI. Implementasi Metode Qiraati Pada Program Bimbingan
Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Tahun Pelajaran
2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
Tahun 2023.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Cara membaca Al
Qur’an menggunakan metode Qiraati pada peserta didik kelas VII B di Madrasah
Tsanawiyah Al-Khairiyah tahun pelajaran 2022/2023, 2) Kendala dalam
implementasi metode Qiraati pada program bimbingan membaca Al-Qur’an pada
peserta didik kelas VII B di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah tahun pelajaran
2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis
penelitian deskriptif, sumber data penelitian yaitu data primer yaitu guru program
bimbingan membaca Al-Qur’an dan data sekunder yaitu catatan guru, dan data
dokumenter. Adapun alat pengumpulan data berupa pedoman wawancara,
pedoman observasi dan daftar dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan yaitu kondensasi data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Tahap
akhir yang dilakukan adalah teknik pemeriksaan keabsahan data dengan
menggunakan member check.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Guru yang
bersangkutan mengajarkan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode
Qiraati yang dimulai dengan pembuka yaitu membaca doa sampai dengan
mengabsensi, dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu peserta didik diminta untuk
membaca Al-Qur’an secara klasikal dengan bersamaan lalu kemudian di panggil
satu persatu, dan diakhir ditutup dengan guru memotivasi dan berdoa. 2)
Mengenai kendala yang terjadi dalam implementasi metode Qiraati pada program
membaca Al-Qur’an yaitu kendala dari sisi internal yang disebabkan oleh peserta
didik itu sendiri, kemudian dari sisi eksternal yaitu kurangnya motivasi yang
didapat oleh peserta dari lingkungannya baik itu lingkungan keluarga, bermain
dan teman sekolah.