Implementasi Metode Qiraati Pada Program Bimbingan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Tahun Pelajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author PUTRIANI, NISHA
dc.date.accessioned 2025-08-05T01:49:30Z
dc.date.available 2025-08-05T01:49:30Z
dc.date.issued 2023-11-29
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7221
dc.description.abstract NISHA PUTRIANI. Implementasi Metode Qiraati Pada Program Bimbingan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Tahun Pelajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2023. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Cara membaca Al Qur’an menggunakan metode Qiraati pada peserta didik kelas VII B di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah tahun pelajaran 2022/2023, 2) Kendala dalam implementasi metode Qiraati pada program bimbingan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas VII B di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sumber data penelitian yaitu data primer yaitu guru program bimbingan membaca Al-Qur’an dan data sekunder yaitu catatan guru, dan data dokumenter. Adapun alat pengumpulan data berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan daftar dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir yang dilakukan adalah teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan member check. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Guru yang bersangkutan mengajarkan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Qiraati yang dimulai dengan pembuka yaitu membaca doa sampai dengan mengabsensi, dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu peserta didik diminta untuk membaca Al-Qur’an secara klasikal dengan bersamaan lalu kemudian di panggil satu persatu, dan diakhir ditutup dengan guru memotivasi dan berdoa. 2) Mengenai kendala yang terjadi dalam implementasi metode Qiraati pada program membaca Al-Qur’an yaitu kendala dari sisi internal yang disebabkan oleh peserta didik itu sendiri, kemudian dari sisi eksternal yaitu kurangnya motivasi yang didapat oleh peserta dari lingkungannya baik itu lingkungan keluarga, bermain dan teman sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Qiraati en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title Implementasi Metode Qiraati Pada Program Bimbingan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Tahun Pelajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account