Upaya Guru dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VE di MIN Paal Lima Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Febriana, Syahida
dc.date.accessioned 2021-03-19T08:08:17Z
dc.date.available 2021-03-19T08:08:17Z
dc.date.issued 2019-11-02
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/71
dc.description.abstract “Upaya Guru dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VE di MIN Paal Lima Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018”: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2018. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas VE di MIN Paal Lima Pontianak tahun pelajaran 2017/2018; 2) Strategi guru dalam mengatasi kenakalan siswa kelas VE di MIN Paal Lima Pontianak Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian terdiri dari data primer dan skunder, yaitu: 1) Sumber primer data yang diperoleh langsung dari, guru kelas VE; 2) data skunder berupa dokumen-dokumen tertulis mengenai buku kasus siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi nonpartisipan, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan teknis analisis data yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpilan/vertifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan tringulasi data, member chek, memperpanjang masa observasi. Penelitian ini berhasil mengungkapkan bahwa: 1) Ditemukan bentuk- bentuk kenakalan yang dilakukan oleh siswa seperti keluar masuk kelas saat proses pembelajaran, berkelahi, menggunakan bahasa yang tidak sopan, berbohong, menyontek, ribut saat pembelajaran dan tidur saat pembelajaran; 2) Ada upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kenakalan siswa, dengan memberikan teguran kepada siswa, memberikan nasehat serta memberikan pemahaman kepada siswa yang berbohong dan menyontek, hingga memberikan peringatan untuk kenakalan berat seperti bertengkar, ada guru yang melakukan upaya dengan menyuruh siswa beristighfar untuk membiasakan siswa mengucapkan kalimat-kalimat yang baik. Selanjutnya guru melakukan upaya dengan memberikan pertanyaan kepada siswa yang ribut dan meminta berwudhu untuk siswa yang tidur saat proses pembelajaran. Kata Kunci: Guru, Kenakalan Siswa, Upaya Mengatasi Kenakalan en_US
dc.language.iso Indonesia id
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject METODE PENGAJARAN DAN BELAJAR en_US
dc.title Upaya Guru dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VE di MIN Paal Lima Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account