PENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERI DENGAN BANTUAN KARTU TANDA BACA UNTUK MENINGKATKA KETERAMPILAN BERBAHASA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 5 JONGKAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author NISA, KHAIRUN
dc.date.accessioned 2025-08-04T02:35:28Z
dc.date.available 2025-08-04T02:35:28Z
dc.date.issued 2025-07-15
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7195
dc.description.abstract KHAIRUN NISA. Penerapan Penggunaan media gambar berseri dengan bantuan kartu tanda baca untuk meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas II B SDN 05 Jongkat. Program Studi Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan penggunaan media gambar berseri dengan bantuan kartu tanda baca untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas IIB Pada Materi berteman dalam keberagaman di SDN 05 Jungkat . Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, lembar tes, dan dokumentasi. Soal, lembar wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Penerapan media gambar berseri dengan bantuan kartu tanda baca untuk meningkatkan keterampilan menulis materi berteman dalam keberagaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas II B SDN 05 Jungkat. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, refleksi siklus I diperbaiki pada siklus II. Keterampilan menulis peserta didik kelas II B setelah diterapkan Penerapan media gambar berseri dengan bantuan kartu tanda baca untuk meningkatkan keterampilan menulis materi berteman dalam keberagaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas II B, rata-rata ketuntasan peserta didik pada prasiklus 68. Rata-rata ketuntasan pada siklus I sebesar 80 sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan sebesar 90. Dilihat dari rata-rata ketuntasan nilai peserta didik terdapat peningkatan setelah diterapkan media pembelajaran gambar berseri dengan bantuan kartu tanda baca, peningkatan dari pra siklus ke siklus I ssebesar 12% dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media gambar berseri dengan bantuan tanda baca en_US
dc.subject BI en_US
dc.subject Keterampilan menulis en_US
dc.title PENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERI DENGAN BANTUAN KARTU TANDA BACA UNTUK MENINGKATKA KETERAMPILAN BERBAHASA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 5 JONGKAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account