dc.description.abstract |
KHAIRUN NISA. Penerapan Penggunaan media gambar berseri
dengan bantuan kartu tanda baca untuk meningkatkan keterampilan
menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas II B SDN 05
Jongkat. Program Studi Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana
penerapan penggunaan media gambar berseri dengan bantuan kartu tanda
baca untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas IIB Pada
Materi berteman dalam keberagaman di SDN 05 Jungkat
. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
lembar observasi, wawancara, lembar tes, dan dokumentasi. Soal, lembar
wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi.
Penerapan media gambar berseri dengan bantuan kartu tanda baca
untuk meningkatkan keterampilan menulis materi berteman dalam
keberagaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas II B
SDN 05 Jungkat. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, refleksi
siklus I diperbaiki pada siklus II. Keterampilan menulis peserta didik kelas
II B setelah diterapkan Penerapan media gambar berseri dengan bantuan
kartu tanda baca untuk meningkatkan keterampilan menulis materi berteman
dalam keberagaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik
kelas II B, rata-rata ketuntasan peserta didik pada prasiklus 68. Rata-rata
ketuntasan pada siklus I sebesar 80 sedangkan pada siklus II rata-rata
ketuntasan sebesar 90. Dilihat dari rata-rata ketuntasan nilai peserta didik
terdapat peningkatan setelah diterapkan media pembelajaran gambar berseri
dengan bantuan kartu tanda baca, peningkatan dari pra siklus ke siklus I ssebesar 12% dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10%. |
en_US |