PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III DI MI AL – IKHLAS KOTA SINGKAWANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author Fitriani, Ceria
dc.date.accessioned 2025-07-31T06:48:03Z
dc.date.available 2025-07-31T06:48:03Z
dc.date.issued 2025-07-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7132
dc.description.abstract CERIA FITRIANI, Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas III di MI Al-Ikhlas Kota Singkawang Tahun Pelajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Pertama, hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas III di MI Al-Ikhlas Kota Singkawang Tahun Pelajaran 2024/2025. Kedua, langkah - langkah Penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas III di MI Al - Ikhlas Kota Singkawang Tahun Pelajaran 2024/2025. Ketiga, hasil belajar peserta didik sesudah diterapkannya mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas III di MI Al – Ikhlas Kota Singkawang Tahun Pelajaran 2024/2025. Keempat, besaran peningkatan hasil belajar peserta didik dengan diterapkan mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas III di MI Al – Ikhlas Kota Singkawang Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III B berjumlah 20 peserta didik. Tempat penelitiannya di MI Al-Ikhlas Kota Singkawang, Jalan Yohana Godang, Pasiran, Singkawang Barat. Tekniknya berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Alatnya berupa lembar observasi, lembar tes, dan kamera handphone. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu: Pertama, hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Pancasila adalah nilai rata-rata 58 dengan persentase ketuntasan 35%. Kedua, tahap Penerapan metode mind mapping peneliti melakukan kegiatan pembelajaran pada siklus I dan siklus II sesuai dengan modul ajar dengan materi kekayaan suku bangsaku pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Ketiga, hasil belajar peserta didik setelah diterapkan mind mapping pada pembelajaran Pendidikan Pancasila adalah nilai rata-rata sebesar 80,5 dengan persentase ketuntasan 85%. Keempat, peningkatan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada nilai rata-rata dan persentase ketuntasan di setiap siklusnya. Pada pra siklus nilai persentase ketuntasan peserta didik sebesar 35% dengan nilai rata-rata 58 pada siklus I nilai persentase peserta didik sebesar 60% dengan rata-rata 68 dan pada siklus II nilai persentase peserta didik sebesar 85% dengan nilai rata-rata 80,5. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Mind Mapping en_US
dc.subject Pendidikan Pancasila en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III DI MI AL – IKHLAS KOTA SINGKAWANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account