dc.description.abstract |
Nurmaya (12110032), Pengelolaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Iman Dan Taqwa Pada Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya Dalam Pendidikan di Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun 2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun Ajar 2025M/1447H.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak guru yang merasa terkendala dalam mewujudkan kegiatan Profil Pelajar Pancasila dikarenakan kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang masih baru sehingga pelaksanaannya belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan 1) perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dimensi iman dan taqwa pada tema bangunlah jiwa dan raganya di kelas IV SDN 03 Pontianak Timur tahun 2025, 2) pelaksanaan projek penguatan profil pancasila dimensi iman dan taqwa pada tema bangunlah jiwa dan raganya di kelas IV SDN 03 Pontianak Timur tahun 2025, 3) faktor penghambat dalam pengelolaan projek penguatan profil pelajar pancasila dimensi iman dan taqwa pada tema bangunlah jiwa dan raganya di kelas IV SDN 03 Pontianak Timur tahun 2025.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan tahap kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber yaitu pengecekan data dengan informan yang berbeda tetapi dengan teknik dan waktu yang sama.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa: 1) Perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SDN 03 Pontianak Timur tahun 2025 dibagi menjadi 5 tahap yaitu membentuk tim fasilitator projek penguatan profil pelajar pancasila, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, merancang dimensi, tema dan alokasi waktu projek penguatan profil pelajar pancasila, menyusun modul projek dan merancang strategi pelaporan hasil projek. 2) Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SDN 03 Pontianak Timur terdapat alur aktivitas projek yang dapat digunakan, tahapan alur aktivis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tersebut meliputi,tahap pengenalan, tahap kontekstual, tahap aksi nyata, dan tahap refleksi. 3) Faktor penghambat dalam pengelolaan projek penguatan profil pelajar pancasila dimensi iman dan taqwa pada tema bangunlah jiwa dan raganya di kelas IV SDN 03 Pontianak Timur bahwa kendala utamanya dalam pelaksanaan adalah keterbatasan sarana dan prasarana, seperti waktu yang terbatas dan keterbatasan fasilitas seperti proyektor dan sound system. |
en_US |