Abstract:
AKBAR SYUKRIAN, 2224100709, Core Values Enam Pilar Dakwah Dalam
Pembentukan Kepribadian Saleh di Munzalan Auladu-l-Yamin School. Tesis.
Pontianak. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 1446 H/ 2025 M.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam sebuah formula
pendidikan karakter Islami yang berbasis terhadap nilai-nilai ibadah harian pada
peserta didik di Munzalan Auladu-l-Yamin School Kubu Raya. Nilai-nilai tersebut
adalah : (1) Birru-l-walidain, (2) Membaca Al Qur’an, (3) Shalat tepat waktu, (4)
Infaq setiap hari kalau bisa sering-sering, (5) Halal sifat dan zat, serta (6) Muamalah
tanpa riba dan akad batil, yang disebut dengan enam pilar dakwah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan spesifikasi jenis
penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dengan bentuk studi
kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi
partisipatif, serta analisis dokumen sekolah. Hasil penelitian membuktikan bahwa
ibadah harian yang dilakukan secara konsisten, memiliki dampak yang signifikan
dalam membentuk kepribadian saleh. Aktivitas ibadah yang dilakukan berulang
ulang dapat menumbuhkan kedisiplinan spiritual, meningkatkan kesadaran moral
dan menguatkan rasa tanggung jawab. Lebih lanjut lagi, bahwa formula ini tidak
hanya berdampak pada perilaku religius peserta didik secara personal, tetapi juga
membawa pengaruh ke lingkungan keluarga dan sosial mereka. Anak-anak yang
menginternalisasi enam pilar dakwah ini mampu menjadi teladan di rumah,
mendorong orang tua untuk lebih aktif dalam ibadah, memperhatikan kehalalan
konsumsi, serta menunjukkan kepedulian sosial kepada masyarakat sekitar.
Keberhasilan dalam pembentukan kepribadian saleh melalui nilai-nilai ibadah
harian tidak dapat berdiri sendiri, ia ditopang oleh faktor-faktor pendukung yang
saling berkaitan, seperti : kurikulum PAI yang mendukung pembentukan
kepribadian saleh, kolaborasi intensif antar guru, kegiatan sekolah yang relevan,
dan kerja sama yang harmonis antara guru dan wali peserta didik. Keterlibatan aktif
orang tua, baik secara langsung maupun tidak langsung, menjadi cerminan bahwa
pendidikan karakter melalui core values enam pilar dakwah bukanlah tugas sekolah
semata, tetapi adalah tanggung jawab bersama.