Core Values Enam Pilar Dakwah Dalam Pembentukan Kepribadian Saleh di Munzalan Auladu-l-Yamin School

Show simple item record

dc.contributor.advisor Cucu, Cucu
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.author Syukrian, Akbar
dc.date.accessioned 2025-07-28T06:59:11Z
dc.date.available 2025-07-28T06:59:11Z
dc.date.issued 2025-07-15
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7033
dc.description.abstract AKBAR SYUKRIAN, 2224100709, Core Values Enam Pilar Dakwah Dalam Pembentukan Kepribadian Saleh di Munzalan Auladu-l-Yamin School. Tesis. Pontianak. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 1446 H/ 2025 M. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam sebuah formula pendidikan karakter Islami yang berbasis terhadap nilai-nilai ibadah harian pada peserta didik di Munzalan Auladu-l-Yamin School Kubu Raya. Nilai-nilai tersebut adalah : (1) Birru-l-walidain, (2) Membaca Al Qur’an, (3) Shalat tepat waktu, (4) Infaq setiap hari kalau bisa sering-sering, (5) Halal sifat dan zat, serta (6) Muamalah tanpa riba dan akad batil, yang disebut dengan enam pilar dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan spesifikasi jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dengan bentuk studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta analisis dokumen sekolah. Hasil penelitian membuktikan bahwa ibadah harian yang dilakukan secara konsisten, memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk kepribadian saleh. Aktivitas ibadah yang dilakukan berulang ulang dapat menumbuhkan kedisiplinan spiritual, meningkatkan kesadaran moral dan menguatkan rasa tanggung jawab. Lebih lanjut lagi, bahwa formula ini tidak hanya berdampak pada perilaku religius peserta didik secara personal, tetapi juga membawa pengaruh ke lingkungan keluarga dan sosial mereka. Anak-anak yang menginternalisasi enam pilar dakwah ini mampu menjadi teladan di rumah, mendorong orang tua untuk lebih aktif dalam ibadah, memperhatikan kehalalan konsumsi, serta menunjukkan kepedulian sosial kepada masyarakat sekitar. Keberhasilan dalam pembentukan kepribadian saleh melalui nilai-nilai ibadah harian tidak dapat berdiri sendiri, ia ditopang oleh faktor-faktor pendukung yang saling berkaitan, seperti : kurikulum PAI yang mendukung pembentukan kepribadian saleh, kolaborasi intensif antar guru, kegiatan sekolah yang relevan, dan kerja sama yang harmonis antara guru dan wali peserta didik. Keterlibatan aktif orang tua, baik secara langsung maupun tidak langsung, menjadi cerminan bahwa pendidikan karakter melalui core values enam pilar dakwah bukanlah tugas sekolah semata, tetapi adalah tanggung jawab bersama. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Core Values en_US
dc.subject Enam Pilar Dakwah en_US
dc.subject Ibadah Harian en_US
dc.subject Kepribadian Saleh en_US
dc.title Core Values Enam Pilar Dakwah Dalam Pembentukan Kepribadian Saleh di Munzalan Auladu-l-Yamin School en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account