Abstract:
DEVI YANA SOLIHATI, Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan
Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Amora Beauty Channel
Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: (1)Pengaruh kepercayaan
konsumen terhadap kepuasan konsumen di Amora Beauty Channel Pontianak (2)
Pengaruh Pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Amora Beauty Channel
Pontianak dan (3) Pengaruh kepercayaan konsumen dan pelayanan konsumen
terhadap kepuasan konsumen di Amora Beauty Channel Pontianak.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, Dengan populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen amora beauty channel teknik
pengambilan sampel menggunakan metode kuisioner yang berjumlah 100
responden. Dengan menggunakan metode kuantitatif, menggunakan SPSS Versi
26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepercayaan berpengaruh
positif terhadap kepuasan konsumen Amora dan pelayanan berpengaruh positif
terhadap kepuasan konsumen di Amora Beauty Channel Pontianak.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan
Kepercayaan konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan, pelayanan
konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan, itu berarti bahwa kepuasan
konsumen dan pelayanan konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen di Amora Beauty Channel Pontianak. Berdasarkan
hasil output Model Summary, diketahui bahwa nilai R Square adalah sebesar
42,2%. Artinya, variabel Kepercayan (X₁) dan pelayanan (X₂) secara bersama-sama
mampu menjelaskan 42,2% variasi yang terjadi pada variabel kepuasan Konsumen
(Y) pada Toko Amora Beauty Pontianak. Sementara itu, sisanya sebesar 57,8 %
dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.