Abstract:
MELLY ARDIANTI 12111024, Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Harapan Indah, Kota Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Insitut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Penelitian ini berlatarbelakangi oleh aspek perkembangan bahasa reseptif sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual mayoritas berada pada kategori berkembang sesuai harapan, sedangkan yang lainnya pada tahap masih mulai berkembang. Tujuan penelitiannya untuk mendeskripsikan 1) Perencanaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5-6 tahun, 2) Pelaksanaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5-6 tahun, 3) Peningkatan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5-6 tahun.
Penelitiannya memakai metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber datanya ialah guru dan anak-anak kelas B2. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganakisis datanya, peneliti menggunakan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Teknik keabsahan data penelitian ini meliputi triangulasi dan membercheck.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5-6 dilakukan dengan: a. Merumuskan tujuan pembelajaran b. Merumuskan capaian pembelajaran c. Menyusun alur pembelajaran d. Merencanakan pembelajaran kontekstual dan assement 2) Pelaksanaan pembelajran kontekstual untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5-6 tahun dilakukan dengann : a. Kontruktivisme b. Inkuiri c. Questioning d. Learning community e. Refleksi g. Authentic assessment 3) Peningkatan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5- 6 tahun dilakukan penilaian melalui indikator: a. Memahami beberapa perintah secara bersamaan b. Mengulang kalimat yang kompleks c. Memahami aturan dan perintah d. Senang dan menghargai bacaan.