IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM HARAPAN INDAH KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.author Ardianti, Melly
dc.date.accessioned 2025-07-28T01:55:04Z
dc.date.available 2025-07-28T01:55:04Z
dc.date.issued 2025-06-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7005
dc.description.abstract MELLY ARDIANTI 12111024, Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Harapan Indah, Kota Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Insitut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Penelitian ini berlatarbelakangi oleh aspek perkembangan bahasa reseptif sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual mayoritas berada pada kategori berkembang sesuai harapan, sedangkan yang lainnya pada tahap masih mulai berkembang. Tujuan penelitiannya untuk mendeskripsikan 1) Perencanaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5-6 tahun, 2) Pelaksanaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5-6 tahun, 3) Peningkatan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5-6 tahun. Penelitiannya memakai metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber datanya ialah guru dan anak-anak kelas B2. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganakisis datanya, peneliti menggunakan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Teknik keabsahan data penelitian ini meliputi triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5-6 dilakukan dengan: a. Merumuskan tujuan pembelajaran b. Merumuskan capaian pembelajaran c. Menyusun alur pembelajaran d. Merencanakan pembelajaran kontekstual dan assement 2) Pelaksanaan pembelajran kontekstual untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5-6 tahun dilakukan dengann : a. Kontruktivisme b. Inkuiri c. Questioning d. Learning community e. Refleksi g. Authentic assessment 3) Peningkatan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5- 6 tahun dilakukan penilaian melalui indikator: a. Memahami beberapa perintah secara bersamaan b. Mengulang kalimat yang kompleks c. Memahami aturan dan perintah d. Senang dan menghargai bacaan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kontekstual en_US
dc.subject Bahasa Reseptif en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM HARAPAN INDAH KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account