Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Dua Bilangan Menggunakan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Pada Materi Perkalian Siswa Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Kedamin Hulu Putussibau Tahun Ajaran 2019/2020. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, tahun 2020.

Show simple item record

dc.contributor.author Nisa, Saidatun
dc.date.accessioned 2021-03-19T07:51:46Z
dc.date.available 2021-03-19T07:51:46Z
dc.date.issued 2020-01-02
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/69
dc.description.abstract Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Dua Bilangan Menggunakan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Pada Materi Perkalian Siswa Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Kedamin Hulu Putussibau Tahun Ajaran 2019/2020. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, tahun 2020. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa di kelas III SD dalam menyelesaikan soal perkalian dua bilangan, sehingga adanya penelitian ini merupakan upaya peningkatan kemampuan berhitung siswa dengan menggunakan media tabel perkalian pintar (Takalintar). Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan berhitung perkalian dua bilangan sebelum menggunakan Media Tabel Perkalian Pintar pada materi perkalian siswa di kelas III SDN 02 Kedamin Putussibau tahun pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui penerapan Media Tabel Perkalian Pintar pada materi perkalian siswa di kelas III SDN 02 Kedamin Putussibau Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) Untuk mengetahui kemampuan berhitung perkalian dua bilangan sesudah menggunakan Media Tabel Perkalian Pintar pada materi perkalian siswa di kelas III SDN 02 Kedamin Putussibau Tahun Pelajaran 2029/2020, 4) Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berhitung perkalian dua bilangan dengan menggunakan Media Tabel Perkalian Pintar pada materi perkalian siswa di kelas III SDN 02 Kedamin Putussibau Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Data diambil hasil soal post test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan berhitung perkalian dua bilangan sebelum menggunakan media takalintar pada materi perkalian di kelas III SDN 02 kedamin Hulu Putussibau hanya memperoleh nilai rata-rata 22,72% dengan siswa yang tuntas hanya 5 orang yang mencapai KKM 70. 2) Kemampuan berhitung perkalian dua bilangan dengan menggunakan media takalintar pada materi perkalian di kelas III SDN 02 kedamin Hulu Putussibau dikategorikan sangat baik. 3) Kemampuan berhitung perkalian dua bilangan sesudah menggunakan media takalintar pada materi perkalian di kelas III SDN 02 kedamin Hulu Putussibau dengan hasil tiga angka pada siklus I mencapai KKM sebanyak 14 siswa atau 63,63%. Siklus II dengan hasil empat angka siswa yang mencapai KKM sebanyak 19 siswa atau 86,36%. 4) Peningkatan kemampuan berhitung perkalian dua bilangan sebelum menggunakan media takalintar pada materi perkalian di kelas III SDN 02 kedamin Hulu Putussibau nilai rata-rata pada siklus I sebesar 63,63% dan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 86,36% ada peningkatan sebesar 22,72% dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: Kemampuan Berhitung dan Media Takalintar en_US
dc.language.iso Indonesia id
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemampuan Berhitung id
dc.subject Media Takalintar id
dc.title Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Dua Bilangan Menggunakan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Pada Materi Perkalian Siswa Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Kedamin Hulu Putussibau Tahun Ajaran 2019/2020. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, tahun 2020. en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account