Abstract:
Lola Febiola 12107093,”Strategi Inovasi Produk Lembaga Keungan Syariah Dalam Meningkatkan Keterlibatan Konsumen Pada Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prodi Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1).Bentuk Strategi Inovasi Produk Yang Diterapkan Oleh Bank Kalbar Syariah. (2).Kondisi Keterlibatan Konsumen Di Bank Kalbar Syariah.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dan Data Sekunder. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, metode penelitian ini menggunakan metode Deskriptif. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis kualitatif, menarik kesimpulan dan verifikasi kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa. (1). Penelitian ini menemukan bahwa strategi inovasi produk yang diterapkan oleh Bank Kalbar Syariah secara nyata berkontribusi dalam meningkatkan keterlibatan konsumen Inovasi yang dimaksud mencakup dua hal utama, yaitu pengembangan layanan digital serta penerapan nilai-nilai syariah dalam produk dan operasional bank.(2). Kondisi keterlibatan konsumen di Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak tergolong cukup tinggi dan positif, baik dari sisi perilaku, emosional, maupun sosial Keterlibatan konsumen terlihat dari bagaimana nasabah tidak hanya menggunakan layanan bank, tetapi juga memiliki hubungan emosional dan kepedulian terhadap nilai-nilai yang dijalankan oleh bank tersebut.