Abstract:
Sava Tasya Kamila, Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan
Pendapatan Pada Tiga Toko Sembako Di Kelurahan Batu Layang Kecamatan
Pontianak Utara. Program Studi Manajeman Bisnis Syariah (MBS), Fakultas
Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,
2024.
Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui: pertama, bagaimana strategi
pemilik toko sembako di Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara.
Kedua, bagaimana gambaran peningkatan pendapatan pemilik toko sembako di
Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dengan
subjek penelitian yaitu para penjual sembako. Penelitian ini berlokasi di Kelurahan
Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, tepatnya di jalan Kebangkitan Nasional.
Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode
library research dan metode field research. Teknik pengolahan dan analisis data
dalam penelitian ini menggunakan teknik induktif, teknik deduktif, dan teknik
komparatif.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan
pertama, strategi yang dilakukan oleh toko sembako di Kelurahan Batu Layang
Kecamatan Pontianak Utara adalah dengan menawarkan harga yang lebih rendah
dari toko sembako lain, memperbaiki tata letak toko, menawarkan produkproduk
yang belum tentu dimilki oleh toko lain, melakukan hubungan yang baik kepada
pelanggan, berkolaborasi dengan pemasok lokal, dan mempromosikan di sosial
media dengan memposting semua produk. Kedua, gambaran peningkatan
pendapatan toko sembako di Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara
adalah dari ketiga toko yang diteliti tersebut semuanya mengalami peningkatan
pendapatan yang drastis dari awal mula membuka toko sembako kecilkecilan dan
sekarang mengalami peningkatan pendapatan dengan strateginya masing-masing.