Abstract:
Sava Tasya Kamila, Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan 
Pendapatan Pada Tiga Toko Sembako Di Kelurahan Batu Layang Kecamatan 
Pontianak Utara. Program Studi Manajeman Bisnis Syariah (MBS), Fakultas 
Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 
2024.
Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui: pertama, bagaimana strategi 
pemilik toko sembako di Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara. 
Kedua, bagaimana gambaran peningkatan pendapatan pemilik toko sembako di 
Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dengan 
subjek penelitian yaitu para penjual sembako. Penelitian ini berlokasi di Kelurahan 
Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, tepatnya di jalan Kebangkitan Nasional. 
Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik 
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode 
library research dan metode field research. Teknik pengolahan dan analisis data 
dalam penelitian ini menggunakan teknik induktif, teknik deduktif, dan teknik 
komparatif.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan 
pertama, strategi yang dilakukan oleh toko sembako di Kelurahan Batu Layang 
Kecamatan Pontianak Utara adalah dengan menawarkan harga yang lebih rendah 
dari toko sembako lain, memperbaiki tata letak toko, menawarkan produkproduk 
yang belum tentu dimilki oleh toko lain, melakukan hubungan yang baik kepada 
pelanggan, berkolaborasi dengan pemasok lokal, dan mempromosikan di sosial 
media dengan memposting semua produk. Kedua, gambaran peningkatan 
pendapatan toko sembako di Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara 
adalah dari ketiga toko yang diteliti tersebut semuanya mengalami peningkatan 
pendapatan yang drastis dari awal mula membuka toko sembako kecilkecilan dan 
sekarang mengalami peningkatan pendapatan dengan strateginya masing-masing.