Abstract:
Kurnia, 12101176. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbantuan
Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar PAI & BP di Kelas VII SMP Negeri 14
Pontianak Tahun Ajaran 2025/2026”, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI),
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri
Pontianak (IAIN), 2025.
Tujuan penelitian ini untuk, (1) Menganalisis dan mendeskripsikan
penggunaan media pembelajaran audio visual berbantuan aplikasi Canva pada mata
pelajaran PAI dan BP di kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak; (2) Mengetahui hasil
belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan media Canva; serta (3)
Menentukan besaran pengaruh penggunaan media pembelajaran berbantuan Canva
terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP
Negeri 14 Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini
adalah Pretest Posttest Control Group Design dengan responden kelas eksperimen
berjumlah 32 peserta didik dan kelas kontrol berjumlah 32 peserta didik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes (soal pilihan ganda), teknik
observasi dan teknik dokumentasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Media audio visual
berbantuan aplikasi Canva mampu menyajikan materi pembelajaran secara
menarik, interaktif, dan memfasilitasi gaya belajar visual peserta didik serta
memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada
materi rukhsah (kemudahan dari Allah SWT dalam menjalankan ibadah kepadaNya). 2) Nilai rata-rata tes kelas eksperimen meningkat dari 66,25 menjadi 80,78,
sedangkan kelas kontrol mengalami penurunan dari 76,87 menjadi 74,38.
Peningkatan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 14,53 poin dari pretest dengan ketuntasan belajar meningkat dari 59,4% menjadi 94%. Sebaliknya,
pada kelas kontrol rata-rata nilai post-test justru menurun dibandingkan pre-test
serta terjadi penurunan dalam jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan
belajar. 3) Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data
pre-test dan post-test dari kedua kelompok memiliki distribusi normal (sig. > 0,05),
sementara uji homogenitas menggunakan Levene’s Test juga menunjukkan bahwa
data bersifat homogen (sig. > 0,05) sehingga uji parametrik dapat digunakan untuk
analisis hipotesis. Hasil uji independent samples t-test menghasilkan nilai
signifikansi 0,004 (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Canva
dengan yang menggunakan metode konvensional. Perhitungan effect size dengan
rumus Cohen’s d menunjukkan nilai sebesar 0,76 yang termasuk kategori sedang
(medium effect size) menandakan bahwa penggunaan Canva memberikan pengaruh
yang cukup signifikan terhadap peningkatan hasil belajar.