PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI & BP DI KELAS VII SMP NEGERI 14 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2025/2026

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.author Kurnia, Kurnia
dc.date.accessioned 2025-07-24T05:25:13Z
dc.date.available 2025-07-24T05:25:13Z
dc.date.issued 2025-07-09
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6961
dc.description.abstract Kurnia, 12101176. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar PAI & BP di Kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak Tahun Ajaran 2025/2026”, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN), 2025. Tujuan penelitian ini untuk, (1) Menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran audio visual berbantuan aplikasi Canva pada mata pelajaran PAI dan BP di kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak; (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan media Canva; serta (3) Menentukan besaran pengaruh penggunaan media pembelajaran berbantuan Canva terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design dengan responden kelas eksperimen berjumlah 32 peserta didik dan kelas kontrol berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes (soal pilihan ganda), teknik observasi dan teknik dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Media audio visual berbantuan aplikasi Canva mampu menyajikan materi pembelajaran secara menarik, interaktif, dan memfasilitasi gaya belajar visual peserta didik serta memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi rukhsah (kemudahan dari Allah SWT dalam menjalankan ibadah kepadaNya). 2) Nilai rata-rata tes kelas eksperimen meningkat dari 66,25 menjadi 80,78, sedangkan kelas kontrol mengalami penurunan dari 76,87 menjadi 74,38. Peningkatan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 14,53 poin dari pretest dengan ketuntasan belajar meningkat dari 59,4% menjadi 94%. Sebaliknya, pada kelas kontrol rata-rata nilai post-test justru menurun dibandingkan pre-test serta terjadi penurunan dalam jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar. 3) Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data pre-test dan post-test dari kedua kelompok memiliki distribusi normal (sig. > 0,05), sementara uji homogenitas menggunakan Levene’s Test juga menunjukkan bahwa data bersifat homogen (sig. > 0,05) sehingga uji parametrik dapat digunakan untuk analisis hipotesis. Hasil uji independent samples t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,004 (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Canva dengan yang menggunakan metode konvensional. Perhitungan effect size dengan rumus Cohen’s d menunjukkan nilai sebesar 0,76 yang termasuk kategori sedang (medium effect size) menandakan bahwa penggunaan Canva memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan hasil belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Audio Visual en_US
dc.subject Canva en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI & BP DI KELAS VII SMP NEGERI 14 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2025/2026 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account