Abstract:
Samsul Redho (12103029), Dampak Media Sosial Pada Perilaku
Konsumsi Generasi Z di Desa Kubu: Perspektif Ekonomi Syariah. Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam
Negeri Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaima dampak media
sosial pada perilaku konsumsi pada generasi Z di Kubu Raya; 2) Bagaimana
perspektif ekonomi syariah memberikan pemahaman dan panduan terhadap
perilaku konsumsi generasi Z di Kubu Raya dalam menghadapi dampak media
sosial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara mendalam terhadap informan yang terdiri dari Generasi Z dan
beberapa orang tua sebagai pendamping data. Data yang dikumpulkan dianalisis
melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta
menggunakan triangulasi sumber untuk menjamin keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh
yang cukup besar terhadap perilaku konsumsi Generasi Z. Temuan-temuan
tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:1. Media sosial berperan besar dalam
membentuk minat dan keputusan konsumsi Generasi Z. 2. Perilaku konsumtif
meningkat akibat dorongan dari media sosial, di mana pembelian sering kali
didasarkan pada keinginan mengikuti tren. 3. Konsumsi mereka lebih berfokus
pada penampilan di media sosial dibanding kebutuhan fungsional. 4. Generasi Z
cenderung membeli produk yang sedang viral agar tidak merasa tertinggal
(FOMO). 5. Sebagian besar belum sepenuhnya menerapkan prinsip konsumsi
dalam ekonomi syariah, seperti menjauhi israf (berlebih-lebihan), tabdzir
(pemborosan), dan memperhatikan keberkahan dalam konsumsi.
Oleh karena itu, diperlukan pemahaman dan pembinaan yang lebih intensif
terhadap nilai-nilai konsumsi Islami agar perilaku konsumsi generasi muda tetap
sesuai dengan prinsip syariah.