DAMPAK MEDIA SOSIAL PADA PERILAKU KONSUMSI GENERASI Z DI DESA KUBU: PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Zaidar, Muhammad
dc.contributor.advisor Prihantono, Prihantono
dc.contributor.advisor Bilhaq, M.Agus Muhtadi
dc.contributor.author REDHO, SAMSUL
dc.date.accessioned 2025-07-23T07:55:16Z
dc.date.available 2025-07-23T07:55:16Z
dc.date.issued 2025-07-09
dc.identifier.citation APA(American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6957
dc.description.abstract Samsul Redho (12103029), Dampak Media Sosial Pada Perilaku Konsumsi Generasi Z di Desa Kubu: Perspektif Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaima dampak media sosial pada perilaku konsumsi pada generasi Z di Kubu Raya; 2) Bagaimana perspektif ekonomi syariah memberikan pemahaman dan panduan terhadap perilaku konsumsi generasi Z di Kubu Raya dalam menghadapi dampak media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam terhadap informan yang terdiri dari Generasi Z dan beberapa orang tua sebagai pendamping data. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan triangulasi sumber untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku konsumsi Generasi Z. Temuan-temuan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:1. Media sosial berperan besar dalam membentuk minat dan keputusan konsumsi Generasi Z. 2. Perilaku konsumtif meningkat akibat dorongan dari media sosial, di mana pembelian sering kali didasarkan pada keinginan mengikuti tren. 3. Konsumsi mereka lebih berfokus pada penampilan di media sosial dibanding kebutuhan fungsional. 4. Generasi Z cenderung membeli produk yang sedang viral agar tidak merasa tertinggal (FOMO). 5. Sebagian besar belum sepenuhnya menerapkan prinsip konsumsi dalam ekonomi syariah, seperti menjauhi israf (berlebih-lebihan), tabdzir (pemborosan), dan memperhatikan keberkahan dalam konsumsi. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman dan pembinaan yang lebih intensif terhadap nilai-nilai konsumsi Islami agar perilaku konsumsi generasi muda tetap sesuai dengan prinsip syariah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Perilaku Konsumtif en_US
dc.subject Generasi Z en_US
dc.subject Ekonomi Syariah en_US
dc.title DAMPAK MEDIA SOSIAL PADA PERILAKU KONSUMSI GENERASI Z DI DESA KUBU: PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account