dc.description.abstract |
TRIA, Implementasi Pembelajaran IPAS Kelas V dalam Kurikulum Merdeka di SDN 29 Simpang Hulu Kabupaten Ketapang Tahun Ajaran 2024/2025: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih merasa terkendala dalam implementasi Kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS dikarenakan kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru sehingga pelaksanaannya belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis perencanaan guru dalam implementasi pembelajaran IPAS kelas V dalam kurikulum merdeka di SDN 29 Simpang Hulu: 2) Memaparkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPAS kelas V dalam kurikulum merdeka di SDN 29 Simpang Hulu: 3) Memaparkan evaluasi dalam melaksanakan implementasi pembelajaran IPAS kelas V dalam kurikulum merdeka di SDN 29 Simpang Hulu.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berjenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pedoman kisi-kisi wawancara, pedoman kisi-kisi observasi, dan pedoman kisi-kisi dokumentasi.
Hasil penelitian pembelajaran IPAS terbagi menjadi tiga yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (penilaian). Perencanaan pembelajaran dengan mengembangkan capaian pembelajaran yang kemudian dikembangkan untuk menjadi modul ajar untuk dipakai sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Untuk pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, peserta didik terlihat aktif serta mengikuti pembelajaran dengan tertib. Evaluasi pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan ketentuan pemerintah, guru melakukan penilaian dua bentuk asesmen yang pertama asesmen formatif yang sudah dilaksanakan, kedua dari asesmen sumatif yang diadakan setiap akhir semester dan digunakan sebagai nilai akhir. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran IPAS telah dilaksanakan secara terstruktur, efektif dan sesuai dengan standar yang berlaku dari pemerintah. |
en_US |