IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 29 SIMPANG HULU KABUPATEN KETAPANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Tria, Tria
dc.date.accessioned 2025-07-23T03:25:13Z
dc.date.available 2025-07-23T03:25:13Z
dc.date.issued 2025-07-02
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6943
dc.description.abstract TRIA, Implementasi Pembelajaran IPAS Kelas V dalam Kurikulum Merdeka di SDN 29 Simpang Hulu Kabupaten Ketapang Tahun Ajaran 2024/2025: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih merasa terkendala dalam implementasi Kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS dikarenakan kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru sehingga pelaksanaannya belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis perencanaan guru dalam implementasi pembelajaran IPAS kelas V dalam kurikulum merdeka di SDN 29 Simpang Hulu: 2) Memaparkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPAS kelas V dalam kurikulum merdeka di SDN 29 Simpang Hulu: 3) Memaparkan evaluasi dalam melaksanakan implementasi pembelajaran IPAS kelas V dalam kurikulum merdeka di SDN 29 Simpang Hulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berjenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pedoman kisi-kisi wawancara, pedoman kisi-kisi observasi, dan pedoman kisi-kisi dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran IPAS terbagi menjadi tiga yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (penilaian). Perencanaan pembelajaran dengan mengembangkan capaian pembelajaran yang kemudian dikembangkan untuk menjadi modul ajar untuk dipakai sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Untuk pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, peserta didik terlihat aktif serta mengikuti pembelajaran dengan tertib. Evaluasi pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan ketentuan pemerintah, guru melakukan penilaian dua bentuk asesmen yang pertama asesmen formatif yang sudah dilaksanakan, kedua dari asesmen sumatif yang diadakan setiap akhir semester dan digunakan sebagai nilai akhir. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran IPAS telah dilaksanakan secara terstruktur, efektif dan sesuai dengan standar yang berlaku dari pemerintah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.subject Pembelajaran IPAS en_US
dc.title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 29 SIMPANG HULU KABUPATEN KETAPANG TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account