EFEKTIVITAS PENERAPAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DALAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ‘ALAMIN PADA MIN 2 LANDAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zaenuddin, Zaenuddin
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Sapendi, Sapendi
dc.contributor.author MASDALENA, MASDALENA
dc.date.accessioned 2025-07-22T06:50:19Z
dc.date.available 2025-07-22T06:50:19Z
dc.date.issued 2025-06-23
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6927
dc.description.abstract Masdalena. Efektivitas Penerapan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin pada MIN 2 Landak. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya integrasi nilai keberlanjutan dalam pendidikan karakter berbasis Islam melalui proyek P5PPRA di madrasah. MIN 2 Landak sebagai pelaksana Kurikulum Merdeka mengangkat tema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam pembelajaran berbasis proyek untuk menanamkan nilai akhlak kepada alam dan kreativitas peserta didik kelas IV.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk, 1) Mendeskripsikan bentuk penerapan tema gaya hidup berkelanjutan dalam proyek penguatan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin pada MIN 2 Landak; 2) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan tema gaya hidup berkelanjutan dalam proyek penguatan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin pada MIN 2 Landak; 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan tema gaya hidup berkelanjutan dalam proyek penguatan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin pada MIN 2 Landak.Penelitian ini termasuk pendekatan kualitatif. Dengan metode penelitian studi kasus. Dengan pengambilan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Informan terdiri dari kepala madrasah, tim fasilitator, guru, dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Bentuk penerapan tema gaya hidup berkelanjutan dilakukan melalui pembentukan tim fasilitator, kesiapan madrasah, dan perumusan tujuan yang terintegrasi dalam modul P5PPRA; 2) Langkahlangkah pelaksanaannya terdiri dari lima tahap yaitu sosialisasi, eksplorasi, perencanaan, praktik pembuatan produk dari limbah, serta refleksi dan pemasaran karya; 3) Faktor pendukung keberhasilan proyek meliputi dukungan kepala madrasah, fasilitator, dan partisipasi aktif peserta didik, sementara faktor penghambatnya mencakup keterbatasan pemahaman orang tua, keterbatasan biaya, dan kondisi kelas yang kurang kondusif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Efektivitas Penerapan en_US
dc.subject Gaya Hidup Berkelanjutan en_US
dc.subject Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin en_US
dc.subject P5PPRA en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENERAPAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DALAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ‘ALAMIN PADA MIN 2 LANDAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account