PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL-IHSAN PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Robani, Nur Ihsan
dc.date.accessioned 2025-07-22T01:48:44Z
dc.date.available 2025-07-22T01:48:44Z
dc.date.issued 2024-12-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6920
dc.description.abstract NUR IHSAN ROBANI Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas III MIS Al-Ihsan Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Pontianak, 2024 Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : 1. Untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Pembelajaran Stalking Stick dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsan Pontianak Utara pada Tahun Pelajaran 2023/2024. 2.Untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan Strategi Pembelajaran Stalking Stick pada mata pelajaran PKn di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsan Pontianak Utara pada Tahun Pelajaran 2023/2024. 3. Untuk menganalisis pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Stalking Stick terhadap tingkat keterlibatan siswa dalam pembelajaran PKn di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsan Pontianak Utara pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk mengolah keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas III MIS Al-Ihsan Pontianak Utara: 1. Penerapan Strategi Pembelajaran Stalking Stick dalam pembelajaran PKn di kelas III terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Strategi ini memfokuskan pada pengembangan keterampilan sosial dan karakter siswa melalui interaksi aktif dalam diskusi dan kerja sama kelompok. Persiapan yang matang oleh guru dan dukungan fasilitas yang memadai dari pihak sekolah, termasuk pelatihan untuk guru, memastikan strategi ini diterapkan dengan baik. Pengelolaan siswa yang baik juga berkontribusi pada suasana pembelajaran yang kondusif, meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap materi. Dampak positif yang terlihat adalah peningkatan minat dan keterlibatan siswa dalam diskusi, yang mendalamkan pemahaman mereka terhadap materi PKn. 2.Meskipun Strategi Talking Stick efektif dalam menciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan, beberapa kendala muncul dalam penerapannya di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsan Pontianak Utara. Kendala utama yang dihadapi guru meliputi keterbatasan waktu untuk menyusun RPP, kurangnya media pembelajaran interaktif, serta tantangan dalam menyesuaikan alat bantu dengan karakteristik siswa. Pengelolaan waktu dan pengawasan siswa selama diskusi juga menjadi tantangan, di mana guru perlu mengatur waktu dengan ketat agar interaksi tetap fokus. Untuk meningkatkan efektivitas, pihak sekolah berencana meningkatkan pelatihan guru, memperbaiki fasilitas media pembelajaran, dan memberikan lebih banyak waktu untuk persiapan materi. 3.Penerapan Strategi Talking Stick terbukti efektif dalam meningkatkan tingkat keterlibatan siswa dalam pembelajaran PKn di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsan Pontianak Utara. Strategi ini menciptakan pembelajaran yang interaktif, memberikan kesempatan berbicara yang adil bagi siswa, dan mendorong mereka untuk lebih aktif dalam diskusi. Hasilnya, siswa menjadi lebih antusias, percaya diri, dan aktif bertukar ide, yang secara signifikan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi. Dengan dukungan evaluasi dari pihak sekolah, strategi ini terus disempurnakan untuk memastikan dampak positif yang berkelanjutan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Talking Stick en_US
dc.subject PKN en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL-IHSAN PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account