Abstract:
Adelia Setia Andini 12115028, ”Strategi Promosi Menggunakan
TrenMedia Sosial (Instagram, TikTok) Sebagai Alat Pemasaran Dalam
Membangun Keterlibatan Konsumen Pada Coffee Shop 5CM Cabang Uray Bawadi
Sungai Bangkong Kec Pontianak Kota Kalimantan Barat”. Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negri (IAIN)
Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Pengembangan strategi
promosi yang efektif dengan memanfaatkan Tren media sosial Instagram dan
TikTok untuk meningkatkan keterlibatan konsumen di Coffee Shop 5CM. (2).
Dampak penggunaan Tren media sosial Instagram dan TikTok terhadap pelaku
usaha Coffee Shop 5CM. (3). Keberhasilan strategi promosi di Instagram dan
TikTok serta menganalisis dampaknya terhadap penjualan dan keterlibatan
konsumen di Coffee Shop 5CM
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dan Data
Sekunder. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif,
metode penelitian ini menggunakan metode Fenomenologi (Phenomenology).
Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,
kesimpulan dan verifikasi kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data
menggunakan triangulasi dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa. (1). Strategi promosi dilakukan dengan
menyajikan konten visual menarik yang relevan dengan gaya hidup generasi muda,
seperti video pendek, suasana tempat, dan konten Trenyang dikemas secara santai.
Strategi ini terbukti mampu membangun brand awareness dan menarik konsumen
baru. (2). Setelah aktif menggunakan media sosial secara konsisten, Coffee Shop
5CM mengalami peningkatan kunjungan pelanggan, terutama dari luar kota, serta
interaksi pelanggan yang lebih tinggi. Sebelumnya, promosi cenderung pasif dan
terbatas. (3). Keberhasilan strategi promosi diukur melalui beberapa indikator,
seperti peningkatan jumlah viewers, likes, pengikut, serta peningkatan omzet
penjualan dan interaksi pelanggan.