Abstract:
Adelia Setia Andini 12115028, ”Strategi Promosi Menggunakan 
TrenMedia Sosial (Instagram, TikTok) Sebagai Alat Pemasaran Dalam 
Membangun Keterlibatan Konsumen Pada Coffee Shop 5CM Cabang Uray Bawadi 
Sungai Bangkong Kec Pontianak Kota Kalimantan Barat”. Fakultas Ekonomi dan 
Bisnis Islam, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negri (IAIN) 
Pontianak 2025. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Pengembangan strategi 
promosi yang efektif dengan memanfaatkan Tren media sosial Instagram dan 
TikTok untuk meningkatkan keterlibatan konsumen di Coffee Shop 5CM. (2). 
Dampak penggunaan Tren media sosial Instagram dan TikTok terhadap pelaku 
usaha Coffee Shop 5CM. (3). Keberhasilan strategi promosi di Instagram dan 
TikTok serta menganalisis dampaknya terhadap penjualan dan keterlibatan 
konsumen di Coffee Shop 5CM  
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dan Data 
Sekunder. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, 
metode penelitian ini menggunakan metode Fenomenologi (Phenomenology). 
Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan 
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, 
kesimpulan dan verifikasi kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data 
menggunakan triangulasi dan member check. 
Berdasarkan hasil penelitian bahwa. (1). Strategi promosi dilakukan dengan 
menyajikan konten visual menarik yang relevan dengan gaya hidup generasi muda, 
seperti video pendek, suasana tempat, dan konten Trenyang dikemas secara santai. 
Strategi ini terbukti mampu membangun brand awareness dan menarik konsumen 
baru. (2). Setelah aktif menggunakan media sosial secara konsisten, Coffee Shop 
5CM mengalami peningkatan kunjungan pelanggan, terutama dari luar kota, serta 
interaksi pelanggan yang lebih tinggi. Sebelumnya, promosi cenderung pasif dan 
terbatas. (3). Keberhasilan strategi promosi diukur melalui beberapa indikator, 
seperti peningkatan jumlah viewers, likes, pengikut, serta peningkatan omzet 
penjualan dan interaksi pelanggan.