dc.description.abstract |
Anye Novita Wardana, Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran
Flipped Classroom dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Materi Ciri-Ciri
Khusus Makhluk Hidup Peserta Didik Kelas VI di SDN 03 Pontianak Selatan
Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar peserta
didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran flipped
classroom materi ciri-ciri khusus makhluk hidup di SDN 03 Pontianak Selatan
tahun ajaran 2023/2024; (2) Hasil belajar peserta didik di kelas kontrol
menggunakan metode ceramahh materi ciri-ciri khusus makhluk hidup di SDN 03
Pontianak Selatan tahun ajaran 2023/2024; (3) Terdapat perbedaan model
pembelajaran flipped classroom dan metode ceramah materi ciri-ciri khusus
makhluk hidup kelas VI di SDN 03 Pontianak Selatan tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sumber data penelitian ini
terdiri dari populasi dan sampel, yaitu: 1) Populasi adalah wilayah generalisasi
yang terdiri dari objek/subjek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik
tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik
kesimpulannya. Dalam penelitian, ada objek yang diteliti untuk memperoleh data
yang dibutuhkan. Objek tersebut adalah populasi, yaitu keseluruhan anggota
kelompok orang yang telah dirumuskan oleh peneliti dengan jelas. Populasi yang
akan dijadikan sumber penelitian ini adalah peserta didik kelas VI A dan VI B
SDN 03 Pontianak Selatan; 2) Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik
yang dimiliki oleh populasi tersebut. Pada penelitian ini peneliti menggunakan
sampling purposive. sampling purposive adalah Teknik penentuan sampel dengan
pertimbangan tertentu.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran flipped
classroom materi ciri-ciri khusus makhluk hidup dilihat dari nilai rata-rata pretest
yaitu 66,33 dan nilai rata-rata posttest yaitu 94,33. Di kelas kontrol yang diajarkan
dengan konvensional dengan nilai rata-rata pretest 58,00. 2) Hasil belajar peserta
didik menggunakan metode ceramah materi ciri-ciri khusus makhluk hidup dilihat
dari nilai rata-rata pretest yaitu 58,00 dan nilai rata-rata posttest yaitu 66,33. 3)
Terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran
flipped classroom dan metode ceramah terhadap hasil belajar materi ciri-ciri
khusus makhluk hidup peserta didik kelas VI. Hasil analisis menggunakan
program IBM SPSS 26 dapat dinilai signifikansi sebesar 0,000 yaitu lebih kecil
dari 0,05 (0,00 < 0,05) dan disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. |
en_US |