Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup Peserta Didik Kelas VI di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Budi, Firman Shantya
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.author Wardana, Anye Novita
dc.date.accessioned 2025-07-21T04:01:59Z
dc.date.available 2025-07-21T04:01:59Z
dc.date.issued 2024-06-13
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6906
dc.description.abstract Anye Novita Wardana, Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup Peserta Didik Kelas VI di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom materi ciri-ciri khusus makhluk hidup di SDN 03 Pontianak Selatan tahun ajaran 2023/2024; (2) Hasil belajar peserta didik di kelas kontrol menggunakan metode ceramahh materi ciri-ciri khusus makhluk hidup di SDN 03 Pontianak Selatan tahun ajaran 2023/2024; (3) Terdapat perbedaan model pembelajaran flipped classroom dan metode ceramah materi ciri-ciri khusus makhluk hidup kelas VI di SDN 03 Pontianak Selatan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari populasi dan sampel, yaitu: 1) Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek/subjek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Dalam penelitian, ada objek yang diteliti untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Objek tersebut adalah populasi, yaitu keseluruhan anggota kelompok orang yang telah dirumuskan oleh peneliti dengan jelas. Populasi yang akan dijadikan sumber penelitian ini adalah peserta didik kelas VI A dan VI B SDN 03 Pontianak Selatan; 2) Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Pada penelitian ini peneliti menggunakan sampling purposive. sampling purposive adalah Teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran flipped classroom materi ciri-ciri khusus makhluk hidup dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu 66,33 dan nilai rata-rata posttest yaitu 94,33. Di kelas kontrol yang diajarkan dengan konvensional dengan nilai rata-rata pretest 58,00. 2) Hasil belajar peserta didik menggunakan metode ceramah materi ciri-ciri khusus makhluk hidup dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu 58,00 dan nilai rata-rata posttest yaitu 66,33. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran flipped classroom dan metode ceramah terhadap hasil belajar materi ciri-ciri khusus makhluk hidup peserta didik kelas VI. Hasil analisis menggunakan program IBM SPSS 26 dapat dinilai signifikansi sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) dan disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject model pembelajaran en_US
dc.subject flipped classroom en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup Peserta Didik Kelas VI di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account