Abstract:
Fauzi Rahman Ali, Analisis Semiotika Sosial Makna Berbagi pada Iklan
“Berbagi Kebaikan, Memberi Makna Indonesia”: Fakultas Ushuluddin Adab
dan Dakwah (FUAD) Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) makna berbagi pada
iklanِ“BerbagiِKebaikan,ِMemberiِMaknaِIndonesian”;ِ(2)ِnilai kebaikan apa
sajaِyangِterjadiِdalamِmaknaِberbagiِpadaِiklanِ“BerbagiِKebaikan,ِMemberiِ
Makna Indonesia”.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan analisis semiotika
Sosial M.A.K Haliday, yakni dengan meneliti Medan Wacana, Pelibat Wacana,
Sarana Wacana. Penelitian ini menghasilkan makna berbagi yang terdapat dalam
iklanِ“BerbagiِKebaikan,ِMemberiِMaknaِIndonesia”.ِTeknikِyangِdigunakanِ
dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini ialah teknik dokumentasi dan
observasi.
Setelah menganalisis data dengan menggunakan teori semiotika Sosial
M.A.K Haliday, maka tujuan peneliti ini adalah untuk menjawab bagaimana
Medan Wacana, Pelibat Wacana, dan Sarana Wacana yang ditampilkan dalam
iklan dengan indikator makna berbagi dan nilai kebaikan. Peneliti menyimpulkan
bahwa makna berbagi dalam iklan, yaitu pertama berbagi bisa dilakukan oleh
siapa saja, tidak terbatas oleh usia ataupun ekonomi tertentu, berbagi bisa
dilakukan kapan pun tanpa menunggu momentum tertentu, dan berbagi bisa
dilakukan dengan apa saja selama disertai dengan keikhlasan dan yang kedua
nilai kebaikan yaitu dengan kita menolong atau membantu orang lain maka itu
bisa disebut dengan peduli terhadap sesama dan persaudaraan timbul disaat kita
memberikan kasih sayang kepada sesama.