Analisis Semiotika Sosial Makna Berbagi pada Iklan “Berbagi Kebaikan, Memberi Makna Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Handes, Handes
dc.contributor.advisor Gaffalo, M. Fadhil Yarda
dc.contributor.advisor Habibi, Muhammad
dc.contributor.advisor Supiandi, Haris
dc.contributor.author Ali, Fauzi Rahman
dc.date.accessioned 2025-07-21T03:44:59Z
dc.date.available 2025-07-21T03:44:59Z
dc.date.issued 2024-06-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6904
dc.description.abstract Fauzi Rahman Ali, Analisis Semiotika Sosial Makna Berbagi pada Iklan “Berbagi Kebaikan, Memberi Makna Indonesia”: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) makna berbagi pada iklanِ“BerbagiِKebaikan,ِMemberiِMaknaِIndonesian”;ِ(2)ِnilai kebaikan apa sajaِyangِterjadiِdalamِmaknaِberbagiِpadaِiklanِ“BerbagiِKebaikan,ِMemberiِ Makna Indonesia”. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan analisis semiotika Sosial M.A.K Haliday, yakni dengan meneliti Medan Wacana, Pelibat Wacana, Sarana Wacana. Penelitian ini menghasilkan makna berbagi yang terdapat dalam iklanِ“BerbagiِKebaikan,ِMemberiِMaknaِIndonesia”.ِTeknikِyangِdigunakanِ dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini ialah teknik dokumentasi dan observasi. Setelah menganalisis data dengan menggunakan teori semiotika Sosial M.A.K Haliday, maka tujuan peneliti ini adalah untuk menjawab bagaimana Medan Wacana, Pelibat Wacana, dan Sarana Wacana yang ditampilkan dalam iklan dengan indikator makna berbagi dan nilai kebaikan. Peneliti menyimpulkan bahwa makna berbagi dalam iklan, yaitu pertama berbagi bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak terbatas oleh usia ataupun ekonomi tertentu, berbagi bisa dilakukan kapan pun tanpa menunggu momentum tertentu, dan berbagi bisa dilakukan dengan apa saja selama disertai dengan keikhlasan dan yang kedua nilai kebaikan yaitu dengan kita menolong atau membantu orang lain maka itu bisa disebut dengan peduli terhadap sesama dan persaudaraan timbul disaat kita memberikan kasih sayang kepada sesama. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Iklan en_US
dc.subject Berbagi en_US
dc.subject Semiotika en_US
dc.title Analisis Semiotika Sosial Makna Berbagi pada Iklan “Berbagi Kebaikan, Memberi Makna Indonesia en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account