Abstract:
DESSY NOVIANTI. Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Swalayan Sangat Manis Kabupaten Kubu Raya. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh Swalayan Sangat Manis di Kabupaten Kubu Raya dalam upaya meningkatkan penjualan. Pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital yang digunakan swalayan ini memanfaatkan bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Pada aspek produk, visualisasi konten promosi melalui media sosial secara aktif dilakukan untuk menarik konsumen. Strategi harga diterapkan secara adaptif dan kompetitif dengan mempertimbangkan dinamika pasar dan disampaikan melalui platform digital untuk meningkatkan persepsi nilai. Dari sisi distribusi, swalayan menggabungkan penjualan di toko fisik dengan promosi digital guna menjangkau konsumen yang lebih luas. Sementara promosi dilakukan secara konvensional dan digital, meskipun efektivitas konten digital masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah kendala, seperti pembatalan pesanan oleh konsumen, penyesuaian harga akibat fluktuasi biaya operasional, keterbatasan lokasi swalayan, serta tantangan dalam peningkatan kualitas promosi digital. Meskipun menghadapi berbagai hambatan, strategi pemasaran digital terbukti mampu memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan volume penjualan. Oleh karena itu, optimalisasi strategi digital menjadi faktor penting bagi keberlanjutan dan daya saing swalayan di era transformasi digital.