ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA SWALAYAN SANGAT MANIS KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurcholifah, Ita
dc.contributor.advisor Sabirin, Sabirin
dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Julianto, Julianto
dc.contributor.author Novianti, Dessy
dc.date.accessioned 2025-07-21T03:04:56Z
dc.date.available 2025-07-21T03:04:56Z
dc.date.issued 2025-06-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6898
dc.description.abstract DESSY NOVIANTI. Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Swalayan Sangat Manis Kabupaten Kubu Raya. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh Swalayan Sangat Manis di Kabupaten Kubu Raya dalam upaya meningkatkan penjualan. Pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital yang digunakan swalayan ini memanfaatkan bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Pada aspek produk, visualisasi konten promosi melalui media sosial secara aktif dilakukan untuk menarik konsumen. Strategi harga diterapkan secara adaptif dan kompetitif dengan mempertimbangkan dinamika pasar dan disampaikan melalui platform digital untuk meningkatkan persepsi nilai. Dari sisi distribusi, swalayan menggabungkan penjualan di toko fisik dengan promosi digital guna menjangkau konsumen yang lebih luas. Sementara promosi dilakukan secara konvensional dan digital, meskipun efektivitas konten digital masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah kendala, seperti pembatalan pesanan oleh konsumen, penyesuaian harga akibat fluktuasi biaya operasional, keterbatasan lokasi swalayan, serta tantangan dalam peningkatan kualitas promosi digital. Meskipun menghadapi berbagai hambatan, strategi pemasaran digital terbukti mampu memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan volume penjualan. Oleh karena itu, optimalisasi strategi digital menjadi faktor penting bagi keberlanjutan dan daya saing swalayan di era transformasi digital. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Pemasaran Digital en_US
dc.subject Penjualan en_US
dc.subject Bauran Pemasaran en_US
dc.subject Swalayan Sangat Manis en_US
dc.subject Kubu Raya en_US
dc.title ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA SWALAYAN SANGAT MANIS KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account