dc.description.abstract |
MARYATUN. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Teams
Achievement Division Dibantu Media Puzlle Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik Kelas V di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran
2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Hasil belajar
peserta didik yang tidak menggunakan penerapan model pembelajaran
student team achievement division dibantu media puzlle di SD
Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 2). Hasil belajar
peserta didik yang menggunakan penerapan model pembelajaran student
team achievement division dibantu media puzlle di SD Muhammadiyah 1
Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 3) Langkah-langkah penerapan model
pembelajaran model Student Team Achievement Division dibantu media
puzzle pada peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 1 tahun pelajaran
2023/2024. 4). Pengaruh penerapan model pembelajaran student team
achievement division dibantu media puzlle pada peserta didik kelas V di SD
Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian
quasi eksperimen Nonequivalent control group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V berjumlah 52 peserta
didik di SD Muhammadiyah 1 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan teknik
dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar observasi, lembar soal dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar peserta didik
yang tidak menggunakan penerapan model pembelajaran student team
achievement division dibantu media puzlle di SD Muhammadiyah 1
Pontianak tahun ajaran 2023/2024 diperoleh hasil belajar rata-rata 67,88 2)
Hasil belajar peserta yang menggunakan penerapan model pembelajaran
student team achievement division
dibantu media puzlle di SD
Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2023/2024 diperoleh hasil rata-
rata sebesar 87,04 kategori hasil belajar tinggi.3) 100 % langkah-langkah
penerapan model pembelajaran student team achievement division dibantu
media puzzle terlaksana. 4). Berdasarkan hasil analisis uji mann whitney
pada skor pre test dan post test kelas eksperimen bahwa didapatkan nilai
(sig) sebesar 0,000 < dari 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka
terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran student team achievement
division dibantu media puzzle terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di
SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. |
en_US |