Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dibantu Media Puzlle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author MARYATUN, MARYATUN
dc.date.accessioned 2025-07-17T09:06:29Z
dc.date.available 2025-07-17T09:06:29Z
dc.date.issued 2024-06-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6878
dc.description.abstract MARYATUN. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dibantu Media Puzlle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan penerapan model pembelajaran student team achievement division dibantu media puzlle di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 2). Hasil belajar peserta didik yang menggunakan penerapan model pembelajaran student team achievement division dibantu media puzlle di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 3) Langkah-langkah penerapan model pembelajaran model Student Team Achievement Division dibantu media puzzle pada peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 1 tahun pelajaran 2023/2024. 4). Pengaruh penerapan model pembelajaran student team achievement division dibantu media puzlle pada peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian quasi eksperimen Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V berjumlah 52 peserta didik di SD Muhammadiyah 1 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar soal dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan penerapan model pembelajaran student team achievement division dibantu media puzlle di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2023/2024 diperoleh hasil belajar rata-rata 67,88 2) Hasil belajar peserta yang menggunakan penerapan model pembelajaran student team achievement division dibantu media puzlle di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2023/2024 diperoleh hasil rata- rata sebesar 87,04 kategori hasil belajar tinggi.3) 100 % langkah-langkah penerapan model pembelajaran student team achievement division dibantu media puzzle terlaksana. 4). Berdasarkan hasil analisis uji mann whitney pada skor pre test dan post test kelas eksperimen bahwa didapatkan nilai (sig) sebesar 0,000 < dari 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran student team achievement division dibantu media puzzle terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject STAD en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dibantu Media Puzlle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account