Penggunaan Strategi Reading Aloud Berbantuan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di SD Negeri 06 Parit Lintang Sambas Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author Kasman, Kasman
dc.date.accessioned 2025-07-17T03:17:38Z
dc.date.available 2025-07-17T03:17:38Z
dc.date.issued 2024-04-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6861
dc.description.abstract Kasman, Penggunaan Strategi Reading Aloud Berbantuan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di SD Negeri 06 Parit Lintang Sambas Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca dimana masih terdapat peserta didik yang memiliki kesulitan dalam membaca, seperti penggunaan dalam tanda baca, terbata bata dalam membaca, pelafalan yang kurang tepat. Adapun tujuan penelitian yakni 1) Mendeskripsikan keterampilan peserta didik dalam membaca permulaan sebelum digunakan strategi Reading Aloud berbantuan media Busy Book pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 2) Mendeskripsikan langkah – langkah penerapan strategi strategi Reading Aloud berbantuan media Busy Book, 3) Mendeskripsikan keterampilan peserta didik dalam membaca permulaan sesudah digunakan strategi strategi Reading Aloud berbantuan media Busy Book, 4) Mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan sebelum dan sesudah digunakan strategi strategi Reading Aloud berbantuan media Busy Book. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas II SD Negeri 06 Parit Lintang Sambas berjumlah 15 peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap perancanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Tekni pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi dan wawancara. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang diolah dengan perhitungan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan 1) Keterampilan membaca peserta didik pada pra siklus memiliki persentase 43, 43 % dengan kategori cukup 2) Langkah-langkah ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdapat kekurangan pada aspek ketepatan lafal diperbaiki pada siklus II dengan cara memberikan tambahan kosa kata yang lebih menarik.3) Setelah diterapkan strategi Reading Aloud berbantuan Media Busy Book, pada siklus 1 diperoleh rata rata 52,78 % dengan kategori cukup baik, sedangkan pada siklus 2 diperoleh rata-rata 76,11% pada kategori sangat baik 4) Terdapat peningkatan keterampilan membaca cerita setelah melalui siklus 2 dengan persentase akhir 76,11% pada kategori sangat baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan en_US
dc.subject membaca en_US
dc.subject permulaan en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Reading Aloud en_US
dc.subject Berbantuan en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Busy Book en_US
dc.title Penggunaan Strategi Reading Aloud Berbantuan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di SD Negeri 06 Parit Lintang Sambas Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account