dc.description.abstract |
Kasman, Penggunaan Strategi Reading Aloud Berbantuan Media
Busy Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di SD Negeri 06 Parit Lintang
Sambas Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institus Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya
kemampuan membaca dimana masih terdapat peserta didik yang memiliki
kesulitan dalam membaca, seperti penggunaan dalam tanda baca, terbata
bata dalam membaca, pelafalan yang kurang tepat. Adapun tujuan penelitian
yakni 1) Mendeskripsikan keterampilan peserta didik dalam membaca
permulaan sebelum digunakan strategi Reading Aloud berbantuan media
Busy Book pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 2) Mendeskripsikan
langkah – langkah penerapan strategi strategi Reading Aloud berbantuan
media Busy Book, 3) Mendeskripsikan keterampilan peserta didik dalam
membaca permulaan sesudah digunakan strategi strategi Reading Aloud
berbantuan media Busy Book, 4) Mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan
peserta didik dalam membaca permulaan sebelum dan sesudah digunakan
strategi strategi Reading Aloud berbantuan media Busy Book.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek
penelitian yaitu peserta didik kelas II SD Negeri 06 Parit Lintang Sambas
berjumlah 15 peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap
perancanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Tekni
pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi dan
wawancara. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes,
lembar observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif yang diolah dengan perhitungan rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Keterampilan membaca peserta
didik pada pra siklus memiliki persentase 43, 43 % dengan kategori cukup
2) Langkah-langkah ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdapat kekurangan
pada aspek ketepatan lafal diperbaiki pada siklus II dengan cara memberikan
tambahan kosa kata yang lebih menarik.3) Setelah diterapkan strategi
Reading Aloud berbantuan Media Busy Book, pada siklus 1 diperoleh rata
rata 52,78 % dengan kategori cukup baik, sedangkan pada siklus 2 diperoleh
rata-rata 76,11% pada kategori sangat baik 4) Terdapat peningkatan
keterampilan membaca cerita setelah melalui siklus 2 dengan persentase
akhir 76,11% pada kategori sangat baik. |
en_US |