Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di MIN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author SA’DIYAH, HALIMATUS
dc.date.accessioned 2025-07-17T03:04:30Z
dc.date.available 2025-07-17T03:04:30Z
dc.date.issued 2024-05-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6858
dc.description.abstract HALIMATUS SA’DIYAH. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di MIN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 2 Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVD sebanyak 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IVE sebanyak 41 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan teknik dokumentasi. Alat pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda (pre test dan post test) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pre test 67,07 dan nilai rata-rata post test 70,49. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adanya peningkatan, dengan nilai rata-rata pre test 64,75 dan nilai rata-rata post test 81,00. 3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Project Based Learning en_US
dc.subject (PjBL) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di MIN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account