dc.description.abstract |
HALIMATUS SA’DIYAH. Pengaruh Model Pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran IPAS Kelas IV Di MIN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar
peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Pontianak
tahun ajaran 2023/2024. 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan
model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran
IPAS kelas IV di MIN 2 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 3) Pengaruh
penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap
hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIN 2
Pontianak tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian
eksperimen semu dengan desain Nonequivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 2
Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVD sebanyak 40
peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IVE sebanyak 41 peserta
didik sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah teknik tes
dan teknik dokumentasi. Alat pegumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah soal pilihan ganda (pre test dan post test) dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik
kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning (PjBL) masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pre test
67,07 dan nilai rata-rata post test 70,49. 2) Hasil belajar peserta didik kelas
eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning (PjBL) adanya peningkatan, dengan nilai rata-rata pre test 64,75
dan nilai rata-rata post test 81,00. 3) Terdapat pengaruh penggunaan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Pontianak tahun ajaran
2023/2024. |
en_US |