Abstract:
GHINA AMALIA, Penerapan strategi index card match dalam
pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs TI Al-Madani Pontianak: Prodi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: untuk mengetahui penerapan
strategi index card match. 1. Cara guru dalam mengorganisasikan peserta didik
pada pembelajaran menggunakan strategi index card match, 2. Cara guru dalam
membimbing peserta didik pada pembelajaran menggunakan strategi index card
match, 3. Cara guru mengklarifikasi hasil jawaban yang sudah dilakukan peserta
didik dengan menggunakan strategi index card match.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber datanya adalah guru
mata pelajaran Al-Qur’an hadits. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Sedangkan dalam mengolah
keabsahan data penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data.
Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian tentang penerapan
stratehi index card match dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs TI
Al-Madani Pontianak. 1. Guru menjelaskan materi ajar terlebih dahulu kepada
peserta didik, guru membentuk peserta menjadi 2 kelompok (kelompok pertanyaan
dan kelompok jawaban) dengan cara membagi peserta didik sesuai baris meja. 2.
Guru menjelaskan mekanisme penggunaan strategi index card match, guru
membagikan kartu indeks kepada peserta didik, guru membimbing peserta didik
dalam proses pencocokkan kartu indeks, tahap selanjutnya peserta didik diminta
untuk mempresentasikan hasil penemuan kartu indeks di depan kelas dan guru
melakukan proses klarifikasi dengan peserta didik. 3. Guru memberikan klarifikasi
secara keseluruhan kepada peserta didik mengenai materi ajar yakni mad iwad dan
mad layyin.