Penerapan strategi index card match dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs TI Al-Madani Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author AMALIA, GHINA
dc.date.accessioned 2025-07-16T08:51:32Z
dc.date.available 2025-07-16T08:51:32Z
dc.date.issued 2024-04-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6849
dc.description.abstract GHINA AMALIA, Penerapan strategi index card match dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs TI Al-Madani Pontianak: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: untuk mengetahui penerapan strategi index card match. 1. Cara guru dalam mengorganisasikan peserta didik pada pembelajaran menggunakan strategi index card match, 2. Cara guru dalam membimbing peserta didik pada pembelajaran menggunakan strategi index card match, 3. Cara guru mengklarifikasi hasil jawaban yang sudah dilakukan peserta didik dengan menggunakan strategi index card match. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber datanya adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an hadits. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Sedangkan dalam mengolah keabsahan data penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data. Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian tentang penerapan stratehi index card match dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs TI Al-Madani Pontianak. 1. Guru menjelaskan materi ajar terlebih dahulu kepada peserta didik, guru membentuk peserta menjadi 2 kelompok (kelompok pertanyaan dan kelompok jawaban) dengan cara membagi peserta didik sesuai baris meja. 2. Guru menjelaskan mekanisme penggunaan strategi index card match, guru membagikan kartu indeks kepada peserta didik, guru membimbing peserta didik dalam proses pencocokkan kartu indeks, tahap selanjutnya peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil penemuan kartu indeks di depan kelas dan guru melakukan proses klarifikasi dengan peserta didik. 3. Guru memberikan klarifikasi secara keseluruhan kepada peserta didik mengenai materi ajar yakni mad iwad dan mad layyin. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Strategi index card match en_US
dc.subject Al-Qur’an Hadits en_US
dc.title Penerapan strategi index card match dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs TI Al-Madani Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account